Salin Artikel

Beli Mobil Bekas, Apakah Perlu Overhaul Mesin?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia umum ketika membeli mobil bekas butuh lebih banyak persiapan termasuk pemeriksaan unit dibandingkan membeli unit baru.

Khusus pada sektor dapur pacu, tidak selamanya mobil bekas yang dibeli masih memiliki mesin dengan kondisi baik. Terkadang bisa saja ditemukan sejumlah permasalahan pada mesin mobil bekas yang dibeli.

Guna memastikan kondisi mesin mobil bekas tersebut dalam keadaan normal dan bisa digunakan sehari-hari, disarankan untuk melakukan overhaul. Terlebih jika permasalahan yang dialami berupa munculnya asap hitam atau suara aneh dari dalam mesin.

Pemilik Bengkel AP Speed di Bekasi, Imam Choiri atau akrab dipanggil Apre, menjelaskan bahwa overhaul dilakukan dengan cara membongkar mesin dan memeriksa seluruh komponen. Usai menemukan sumber masalah pada mesin, baru ditentukan langkah perbaikannya.

“Konsumen mobil bekas perlu mempertimbangkan overhaul, terutama jika mobil akan sering digunakan. Biasanya masalah ada pada ring piston atau silinder pada blok mesin, bisa juga batang piston, poros engkol, sistem pengabutan, dan sebagainya,” kata Apre kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, overhaul umumnya dilakukan untuk mobil berusia lebih dari lima tahun. Namun sering pula ditemui mobil dengan usia lebih dari lima tahun dengan kondisi mesin masih sehat dan belum pernah melakukan overhaul.

“Kalau perawatannya selalu rutin dan rajin servis, kondisi mesin akan lebih baik. Biasanya mobil belum butuh overhaul,” katanya.

Untuk mesin mobil dengan kondisi tersebut, Apre menyarankan cukup dilakukan servis ringan, mencakup tune-up, ganti busa dan filter udara, serta pengecekan sejumlah komponen seperti kampas rem, radiator, aki, oli, dan sebagainya.

Servis ringan termasuk tune-up akan membutuhkan biaya sekitar Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan. Lantas untuk overhaul dengan sejumlah tindakan perbaikan serta penggantian suku cadang jika ditemukan kerusakan, biaya yang dikeluarkan bisa saja menembus angka Rp 10 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/08/063200115/beli-mobil-bekas-apakah-perlu-overhaul-mesin-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.