Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Modifikasi Yamaha MX-King, Pakai Livery RNF Racing

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP sering kali menjadi acuan untuk modifikasi. Bahkan, penerapannya juga tidak selalu dengan motor sport full fairing.

Modifikasi dengan tema MotoGP juga dilakukan dengan menggunakan motor bebek sporty. Salah satunya dilakukan oleh Rudy Norman dari Geng Tayar Besar asal Malaysia.

Pencinta modifikasi tersebut mengubah Yamaha Y15ZR, yang dipasarkan di Indonesia dengan nama MX-King, menjadi replika motor MotoGP.

Namun, bukan tim pabrikan yang menjadi acuannya. Rudy lebih memilih RNF Racing Team untuk digunakan livery-nya pada Y15ZR.

Maklum, punggawa RNF Racing Team adalah Razlan Razali, yang juga berasal dari Malaysia. Musim lalu, tim ini menggunakan nama Petronas Yamaha Sepang Racing Team.

Ubahannya sendiri tampak jelas di bagian kaki-kaki. Rudy mengaplikasikan ban besar dan lebar untuk motor sport. Bannya menggunakan Michelin, sesuai dengan pemasok tunggal di kelas MotoGP.

Lalu, suspensi depan diganti model upside down dari Ohlins. Tak lupa, agar kaki-kaki terlihat semakin padat dan berisi, Rudy menyematkan double disc brake.

Pengereman juga makin mumpun dengan kaliper Brembo. Tak hanya di bagian depan, kaliper rem belakang juga mengandalkan Brembo.

Modifikasi lainnya yang terlihat jelas adalah footstep yang diganti dengan model underbone. Sementara knalpot, diganti juga dengan keluaran aftermarket untuk mengimbangi tampilan di bagian bawah.

Di bagian fairing, ubahan hanya terlihat pada penambahan winglet. Persis dengan yang ada pada Yamaha M1. Apalagi, sudah dilapisi dengan livery RNF Racing lengkap dengan sponsor-sponsornya.

Motor ini juga dipajang pada sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan sudah ditandatangani oleh kedua pebalapnya, yakni Andrea Dovizioso dan Darryn Binder.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/07/150200815/modifikasi-yamaha-mx-king-pakai-livery-rnf-racing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke