Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Kelapa Gading – Pulo Gebang Bakal Terapkan Contra Flow Tiap Pagi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pengelola ruas tol Kelapa Gading - Pulo Gebang, PT Jakarta Tollroad Development mengumumkan rencana uji coba rekayasa lalu lintas contra flow di jalan tol untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di sana.

Disitat dari Instagram @jtd_tol (31/1/2022), contra flow dilakukan demi mengurai kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di kawasan tersebut saat jam-jam sibuk, khususnya pagi hari.

Adapun rekayasa lalu lintas contra flow yang dilakukan, dimulai dari Off Ramp Bekasi depan Mall Grand Cakung sampai mengarah ke kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Pelaksanaan uji coba contra flow diharapkan dapat mengurangi kemacetan perjalanan yang seringkali terjadi pada jam-jam sibuk, khususnya di Jalan Raya Bekasi," tulis unggahan Instagram @jtd_tol.

Sebelumnya untuk menangani kemacetan di daerah tersebut, Kepolisian bersama Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara juga akan melanjutkan skema rekayasa lalu lintas contra flow di kawasan Boulevard Kelapa Gading.

“Berdasarkan hasil evaluasi uji coba rekayasa lalu lintas contra flow di Jalan Boulevard Artha Gading, maka rekayasa lalu lintas contra flow akan dilanjutkan sampai pekerjaan pembangunan/rehabilitasi polder Kelapa Gading (Artha Gading selesai tanggal 3 Desember 2022," tulis akun Instagram Sudinhub Jakarta Utara, dilansir Senin (31/1/2022).

Disebutkan juga bahwa penerapan contra flow berhasil mempercepat waktu tempuh dari Jalan Boulevard Artha Gading (Pojok Busana) mengarah Jalan Yos Sudarso (Putaran Kodamar) sepanjang 2,2 kilometer, dari yang sebelumnya harus ditempuh 15 menit, kini menjadi 6 menit.

Begitu juga dengan kecepatan rata-rata, yag apabila sebelum penerapan contra flow harus ditempuh dengan kecepatan rata-rata 8 kpj, kini meningkat menjadi 22 kpj.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/31/132100415/tol-kelapa-gading-pulo-gebang-bakal-terapkan-contra-flow-tiap-pagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke