Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Mempertahankan Harga Jual Mobil agar Tidak Jatuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga jual kembali alias resale value pada suatu kendaraan bermotor di Indonesia masih menjadi suatu perhatian penting untuk para pemilik dan penjual.

Terlebih lagi, apabila kendaraan terkait ialah mobil penumpang dengan harga beli yang cukup tinggi. Sehingga, saat ingin diganti usai digunakan dalam waktu tertentu menambah biayanya tidak besar.

Hendro Kaligis, Head of Business Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa secara umum tiga dua cara sederhana untuk mempertahankan harga jual kembali mobil agar tetap tinggi.

"Pertama, mengikuti jadwal perawatan berkala di bengkel resmi. Jadwal perawatan berkala ini sudah disusun sedemikian rupa untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima," katanya dalam keterangan tertulis.

Hal ini merupakan rahasia umum yang juga diyakini oleh pembeli mobil bekas.

Oleh karena itu, hal pertama yang dilakukan calon pembeli mobil bekas ialah melakukan pengecekan apakah mobil dirawat rutin berkala secara rutin di bengkel resmi atau tidak.

Jika tidak, pembeli akan ragu dan enggan memberikan penawaran yang tinggi.

Cara kedua ialah memiliki asuransi dengan perlindungan komprehensif yang menyertakan klausul bengkel resmi dan penggunaan suku cadang asli (genuine part).

"Faktanya, hampir 90 persen mobil di perkotaan mengalami kerusakan bodi, mulai dari lecet-lecet minor hingga kerusakan karena benturan atau tabrakan sehingga butuh perbaikan di diler terpercaya," ujar Hendro.

"Mengingat, saat melakukan pengecekan bodi mobil, umumnya pembeli mobil bekas dapat merasakan hasil perbaikan yang dilakukan apakah memiliki standar yang tinggi atau rendah, dan hal tersebut berpengaruh besar terhadap penawaran yang diajukan," kata dia lagi.

Kemudian, jangan melakukan modifikasi yang ekstrem seperti memotong beberapa komponen khusus serta menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang sesuai rekomendasi pabrikan.

Di Suzuki sendiri, kata Hendro, tersedia perlindungan kendaraan bermotor yang komprehensif melalui Suzuki Insurance, yaitu produk asuransi resmi yang ditawarkan secara eksklusif.

Pada layanan ini, pemilik akan dilindungi melalui layanan bengkel resmi (authorized workshop) dan penggunaan suku cadang asli (genuine part).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/31/092200415/cara-mudah-mempertahankan-harga-jual-mobil-agar-tidak-jatuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke