Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hitung Konsumsi BBM Honda CB150X

JAKARTA, KOMPAS.com - Di penghujung 2021 Honda resmi meluncurkan Honda CB150X. Keluarga baru CB150 Series ini membuka segmen baru motor touring adventure entry level kelas 150cc.

Sebelumnya Kompas.com sudah me-review CB150X usai peluncuran di GIIAS 2021 lalu, kemudian menjajalnya di fasilitas safety riding AHM dan kemudian touring 100 km di daerah Bandung, Jawa Barat.

Kini Kompas.com menjajalnya selama beberapa hari. Setelah mengulas desain, fitur dan rasa berkendara motor ini, Kompas.com mencoba melakukan tes tingkat konsumsi bahan bakar atau BBM dengan pemakaian dalam kota.

Test rider Kompas.com memiliki tinggi 168 cm dan bobot 75 kg. Metode yang digunakan full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Rute yang dipilih ialah jalan keseharian untuk beraktivitas. Waktunya bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang. Tapi pada tes kali ini lebih banyak jalan sepi.

Pengendara tidak berusaha berjalan senormal mungkin. Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 101 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 2,72 liter. Hasilnya didapat 37,1 km per liter.

Hasil tersebut sedikit lebih rendah dari hitungan rata-rata atau average yang ada di instrumen klaster sebesar 47,6 km per liter.

Catatan 37,1 km per liter ini jauh dari tes konsumsi BBM pada saudaranya yakni CB150R. Waktu itu test rider Kompas.com yang berbeda memiliki postur tinggi badan 157 cm dan berat 58 kg.

Pengetesan dilakukan dengan metode full-to-full, menggunaan metode eco riding. Saat itu konsumsi rata-rata BBM-nya mencapai 46 km per liter.

Mesinnya serupa dengan CB150-Series, yakni 150cc, 4-tak, DOHC, 4-katup, dengan diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm. Oleh Honda mesin diatur agar lebih responsif di putaran bawah sampai tengah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/30/084100915/hitung-konsumsi-bbm-honda-cb150x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke