Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikmati Kenyamanan Kabin Toyota All New Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan total yang dihadirkan Toyota pada All New Avanza, memang patut diapresiasi. Apalagi tak hanya ekterior saja, namun sampai ke interior.

Dibandingkan versi lawas, sangat jauh perbedaannya. Bagi pengguna Avanza sebelumnya, akan pangling ketika masuk ke dalam kabin generasi ketiga dari MPV murah Toyota ini.

Visual dasbor dikemas minimalis, namun tetap memiliki kesan lebih modern. Walau tak ada material soft touch, namun hal tersebut cukup wajar mengingat dari sisi harga serta kelasnya.

Konsep modern tak hanya ditampilkan dari desain, tapi juga tata letaknya. Semua fitur, baik hiburan sampai penunjang berkendara, terintegrasi di bagian tengah.

Mulai head unit layar sentuh 9 inci di bagian atas, air conditioner digital, tombol start-stop, tuas transmisi CVT sampai, indikator seat belt. Tak hanya itu, desain dasbor yang landai juga memberikan poin plus, yakni visibilitas yang lapang ke bagian depan.

Sementara pada gagang kemudi sudah tersemat ragam tombol fungsi, dan makin modern lagi dengan Multi Information Display (MID) yang sudah digital, mirip dengan Raize.

Dampak dari melarnya dimensi All New Avanza, berimbas pada ruang kabin yang makin lapang. Mulai baris pertama, kedua, sampai ketiga terkoreksi lebih baik dari versi sebelumnya.

Perlu diketahui, kenyamanan pada mobil yang bermain di segmen MPV murah ini juga tak lepas dari penyematan platform baru yang merubah sistem penggerak roda ke bagian depan dari sebelumnya RWD.

Jarak antara penumpang baris pertama dan kedua sebesar 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga 700 mm.

Kelapangan di sektor kokpit, baik penumpang dan pengemudi, tak perlu diragukan, apalagi kini sudah tersemat fitur Tilt Telescopic Steering yang menambah kenyamanan berkendara.

Untuk jok baris kedua bisa bergerak maju mundur 240 mm. Dipadu dimensi yang bertambah lebar 70 mm, membuat penumpang bisa merasakan kenyamanan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.


Belum lagi head room lebih lapang berkat model blower AC yang dibuat lebih tipis. Paling menarik, kini konfigurasi jok Avanza bisa dirombak menjadi Long Sofa Mode yang membuat penumpang makin nyaman ketika menempuh perjalanan jauh.

Sayang, meski busa jok cukup empuk, tapi terasa tanggung karena belum dilapis sintetis. Sementara untuk baris ketiga, saat redaksi jajal dengan tinggi mendekati 177 cm, memang kurang nyaman, apalagi ketika menempuh perjalanan jauh.

Karena itu, akan lebih nyaman menjadi singasana bagi pengendara yang membawa anak, atau sekaligus dilipat untuk memberikan ruang lebih di sektor bagasinya.

Secara keseluruhan, harus diakui dengan ragam fitur pemanja yang makin lengkap, Avanza generasi baru jauh lebih nyaman dibanding versi sebelumnya.

Kesan modern yang dihadirkan juga cukup baik, walau memang dari sisi kekedapan kabin masih minim, begitu juga guncangan ketika menjadi penumpang di baris kedua.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/28/153100015/menikmati-kenyamanan-kabin-toyota-all-new-avanza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke