Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Micro Sleep, Biang Kecelakaan di Jalan Tol

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan yang terjadi di jalan tol memang punya beberapa penyebab, salah satunya adalah micro sleep. Micro sleep merupakan tidur sesaat yang sangat membahayakan jika dialami oleh pengemudi.

Ahmad Wildan, Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menjelaskan, ketika mobil melaju 100 kpj dan pengemudinya tertidur selama satu detik, maka mobil sudah bergerak sejauh 28 meter.

“Pada jarak 28 meter itu banyak hal yang bisa terjadi. Misalnya tangan turun ke bawah, artinya menarik setir ke kanan dan roda kendaraan berubah arah,” ucapnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Wildan juga menjelaskan, jika micro sleep kejadian di jalan tol dan mobil bergerak ke arah kanan, besar kemungkinan akan menabrak pagar pengaman jalan. Tentu jika sudah menabrak pagar, belum tentu mobil bisa langsung dikendalikan.

“Micro sleep bisa terjadi karena faktor lelah, jenuh, atau lainnya yang memengaruhi kinerja fisik dan psikis manusia,” kata Wildan.

Oleh karena itu, ketika mengemudi dalam kondisi yang tidak bugar, sangat berbahaya karena menurunkan kewaspadaan. Jika kewaspadaan akan kondisi sekitarnya menurun, maka berpengaruh pada reflek dan reaksi.

“Waspada pada saat berkendara di jalan tol, jaga kebugaran tubuh. Seringlah ajak mengobrol, jika merasa lelah dan jenuh, segera menepi untuk cari rest area,” kata Wildan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/19/112200715/mengenal-micro-sleep-biang-kecelakaan-di-jalan-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke