Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Pahami, Ini Beda Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus | Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil dengan sistem transmisi otomatis umumnya memiliki dua model tuas untuk pengoperasiannya. Ada yang menggunakan jenis lurus (straight) dan zig-zag (gate).

Lantas, apa perbedaannya? Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, keduanya memiliki fungsi yang sama, namun yang membedakan hanya faktor keamanannya.

"Fungsinya sama, cuma bedanya dari faktor safety-nya saja. Sebenarnya sama aja semua inovasi saja," kata Didi kepada Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Kemudian, bersamaan dengan hari ketika Toyota Astra Motor meluncurkan Fortuner 2.800 cc dan Land Cruiser 300, Toyota Motor Corporation pada Kamis (13/1/2022), mengumumkan peluncuran Noah dan Voxy generasi terbaru di Jepang.

Dalam laman resmi Toyota, disebutkan bahwa Noah dan Voxy generasi keempat itu hadir dengan perubahan menyeluruh.

Mengusung platform TNGA (GA-C), Noah dan Voxy jadi MPV boxy yang mengusung beragam fitur canggih, termasuk Toyota Safety Sense dan Toyota Teammate.

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler kanal otomotif pada Jumat, 14 Januari 2022.

1. Pahami, Ini Beda Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus

Didi menjelaskan, untuk transmisi model lurus akan ada pengeman berupa tombol release di tuas transmisinya. Hal ini digunakan agar tidak kebablasan atau tergeser pada saat memindahkan gigi sehingga tidak merusak sistem transmisi.

"Kalau yang lurus itukan perlu ada mekanisme release pada tuasnya, sehingga pada saat masuk ke gigi R (tanpa menggunakan release) itu tidak bisa. Karena kalau kepaksa masuk kan bisa merusak tranmsisi juga," ucap Didi.

Ketika hendak memidahkan gigi, selain kaki wajib menginjak pedal rem juga harus disertai menekan tombol tersebut. Dengan demikian tuas transmisi baru bisa digeser, terutama dari posisi P ke D yang harus melewati R.

2. Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

Di samping itu, model-model terbaru itu juga memiliki mesin dengan performa yang luar biasa, seperti sistem hybrid paralel seri generasi baru. Sebagai informasi, produksi model baru Toyota ini akan dimulai pada akhir Januari 2022.

Di balik kap mesin, kedua mobil ini mengusung dapur pacu berkapasitas 2.000 cc Dynamic Force M20A-FKS dengan tenaga 170 PS atau setara 168 tk dan torsi 202 Nm.

Kemudian terdapat mesin hybrid 1.800 cc 2ZR-FXE bertenaga 98 PS atau setara 96 tk dan torsi 142 Nm, serta tambahan motor listrik dengan tenaga 95 PS atau setara 93 tk dan torsi 185 Nm.

3. Beda Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Diesel 2.800 cc dengan 2.400 cc

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Toyota Fortuner di Indonesia pada Kamis (13/1/2022). SUV ladder frame dari Toyota ini dibekali dengan mesin baru 1GD berkubikasi 2.800 cc.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, pihaknya sengaja meluncurkan New Fortuner 2.800 cc karena banyaknya permintaan dari konsumen yang menginginkan mesin lebih bertenaga.

“Kami meluncurkan Toyota Fortuner 2.800 cc untuk konsumen yang menginginkan mesin diesel yang lebih bertenaga,” ucap Anton dalam acara peluncuran di Edutown, BSD, Kamis (13/1/2022).

4. Merasakan Tenaga Buas New Fortuner 2.800 cc

New Fortuner 2.800 cc resmi meluncur di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar aktivitas Media Experience All New Land Cruiser dan New Fortuner, di Edutown, BSD, Kamis (13/1/2022).

Pada kesempatan ini, pihak Toyota mempersilahkan awak media untuk langsung mencoba New Fortuner dengan mesin baru 1GD berkubikasi 2.800 cc yang di atas kertas buas, tapi secara tidak langsung.

Segala ketangguhan dan fitur terkini bakal dibuktikan di test drive track.

5. Ini 10 Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2021

Performa penjualan kendaraan bermotor roda empat di skala nasional mulai menunjukkan tren positif dan kembali pulih usai terhambat akibat pandemi Covid-19 sejak 2020.

Hal ini tidak lepas dari sejumlah kebijakan yang dirilis pemerintah dalam merangsang daya beli masyarakat, contohnya seperti insentif PPnBM-DTP yang diberikan sejak Maret 2021 hingga akhir tahun.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun sudah merilis data penjualan wholesales alias distribusi mobil dari manufaktur ke diler di sepanjang 2021.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/15/063200915/-populer-otomotif-pahami-ini-beda-transmisi-matik-model-zig-zag-dan-lurus

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.