Salin Artikel

2 Pilihan Pelek Aftermarket Lokal untuk Vespa Matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara mudah mendongkrak tampilan Vespa matik ialah dengan mengganti pelek. Kaki-kaki yang "lebih kinclong" mampu meningkatkan penampilan.

Jika sebelumnya mayoritas pelek buat Vespa matik masih impor, kini pilihan produk aftermarket lokal beragam dengan desain dan harga bersaing yang tak kalah dari merek luar.

Dennil Sagita pendiri Scooter VIP workshop modifikasi dan perawatan Vespa matik di Bekasi, Jawa Barat, megatakan merek lokal bisa jadi alternatif sebab budget modifikasi tiap orang berbeda.

"Untuk produk aftermarket lokal saya belum cek untuk kualitas dan uji ketahanannya jika dipakai untuk penggunaan jangka waktu yang lama, tapi tidak masalah jika memang nyaman saat dipakai," kata Dennil yang kliennya banyak dari kalangan figur publik kepada Kompas.com, belum lama ini.

Saat ini setidaknya ada dua merek pelek lokal yang bisa dilirik, pertama SOCA dan kedua ialah Genova Design.

1. SOCA

SOCA sudah mengantungi Standar Nasional Indonesai (SNI) dan Japan Light Allow Wheel (JWL) yaitu standar mutu keselamatan di Jepang untuk jenis pelek.

Untuk edisi pertama pelek untuk Vespa modern dengan disc brake seperti GTS, GTV, dan 946. Material dari alumunium ukuran lingkar 12 inci dan lebar tapak 3.00 inci.

Ada dua model yang tersedia yaitu SOCA R-AF berbentuk palang lima dengan tampilan retro 60'an, serta SOCA R-AR dengan tampilan khas balap era 80'an.

Pelek SOCA dipasarkan di harga Rp. 6.000.000 untuk satu set depan belakang. Sedangkan untuk SOCA MHC dipasarkan di harga Rp 450.000.

SOCA hanya memasarkan produknya melalui dealer resmi penyalurnya yakni Bellissimo Indonesia yang beralamat di BSD, Tangerang Selatan dan Vespamatic Store di Denpasar, Bali.

2. Genova Design

Genova Design menyediakan berbagai pelek untuk Vespa matik. Material pelek menggunakan aluminium forged T6061, proses pembuatan memakai CNC.

Edisi pertama terdiri dari dua desain model dengan ukuran 12 inci lebar 3 inci, dan masing-masing dibuat 200 pasang.

Pelek punya berbagai pilihan warna, mayoritas cukup mencolok yaitu anodizing colors. Pemilihan warna ini disebut mampu membuat tampilan skuter asal Italia itu lebih modern dan bergaya.

Perihal harga sepasang pelek Genova dibanderol Rp 17 juta. Masih cukup bersaing jika dibandingkan merek impor yang bisa dua kali lipat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/07/182200915/2-pilihan-pelek-aftermarket-lokal-untuk-vespa-matik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.