Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Waktu Tepat Melakukan Spooring dan Balancing Roda Mobil?

Hal tersebut perlu dipahami pengguna mobil, karena bagian roda dan kaki-kaki harus tak kalah mendapat perhatian dengan melakukan spooring dan balancing.

Spooring dilakukan untuk meluruskan sudut-sudut geometri keempat ban agar kembali selaras, sementara balancing untuk membuat putaran ban mobil lebih stabil.

Wibowo Santosa, pemilik Permaisuri Ban mengatakan, tidak ada patokan baku kapan harus melakukan spooring dan balancing pada mobil, karena tergantung dari pemakaian.

“Jika kendaraan sering diajak berkendara di jalan tol, setiap tiga atau empat bulan sekali sebaiknya sudah harus di cek,” ucap Bowo saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/1/2022).

Pasalnya, jika dibiarkan ban bisa rusak karena kemiringan dan titik tumpuan mobil yang berubah. Belum lagi efek ban habis yang tidak merata.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian yang menyatakan tak ada takaran pasti terkait keharusan melakukan spooring atau balancing.

Menurut Deni, patokannya kembali pada kenyamanan berkendara. Cara paling mudah dengan melakukan pengetesan saat berada di jalan lurus dan aspal dengan melepas tangan dari lingkar kemudi.

Jika kondisi kaki-kaki mobil sehat, maka akan melaju lurus. Sebaliknya, bila ada masalah pada kaki dan ban, mobil akan bergerak sendiri ke kiri atau ke kanan

“Namun, jika mengacu anjuran pabrikan, kegiatan ini sebaikanya dilakukan setiap enam bulan sekali atau 10.000 kilometer, atau ketika servis berkala sesekali lakukan pengecekan bagian kaki-kaki juga dan kembangan ban,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/03/183100415/kapan-waktu-tepat-melakukan-spooring-dan-balancing-roda-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke