Salin Artikel

Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun penjualan mobil sempat menurun awal 2021, produsen merek otomotif di Indonesia tetap menghiasi pasar dengan mobil baru, mulai yang berstatus all new maupun facelift.

Disitat dari situs Gaikindo, Agustus 2021, penjualan mobil di Indonesia naik 25 persen jika dibandingkan Juli 2021. Hingga Agustus 2021, angka penjualan mobil di Indonesia mencapai 83.000 unit.

Mulai dari varian baru dari versi sebelumnya hingga mobil listrik, berikut ini deretan mobil-mobil baru yang meluncur di Indonesia sepanjang 2021.

1. Toyota All New Avanza 2021

Generasi terbaru Toyota Avanza meluncur pada penghujung 2021. Salah satu model terlaris Toyota ini menjadi salah satu MPV favorit di Indonesia. Dari segi ukuran, Avanza tipe baru ini lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Ubahannya juga menyeluruh, salah satunya terkait sistem penggerak, di mana model sebelumnya menggunakan sistem RWD, generasi terbaru ini sudah FWD.

Ada tiga pilihan model untuk Avanza tipe terbaru ini, yaitu MT, CVT dan CVT TSS.

2. Toyota Veloz

Sebelumnya, Veloz merupakan varian tertinggi dari Avanza. Namun mulai tahun ini, entitas Veloz jadi dipisahkan oleh Toyota.

Salah satu yang paling konkret adalah, produksi generasi baru Veloz dilakukan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Sedangkan, model sebelumnya masih mengandalkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen perakit.

Berbagi basis sama dengan Avanza, tapi Veloz baru punya desain tampilan yang berbeda. Terdapat tiga varian yang tersedia di pasar, yaitu Veloz MT, Veloz Q CVT dan Veloz Q CVT TSS.

TSS sendiri merupakan Toyota Safety sense, fitur keselamatan Toyota versi paling baru.

3. Toyota Rush 2021

Pada segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV), Toyota menyegarkan tampilan Rush yang berbeda dari varian Rush sebelumnya.

LSUV yang satu ini hadir dalam dua varian berbeda, yaitu GR Sport dan TRD Sportivo. Varian GR Sport hadir dengan karakter yang lebih sporty dibanding TRD Sportivo.

Secara umum, mesin Toyota Rush GR masih sama dengan pendahulunya.

Varian terendah GR Sport dibanderol seharga Rp 256 jutaan. Sedangkan varian tertingginya, Rush 1.5 A/T LUX GR Sport seharga Rp 368 jutaan.

3. Daihatsu All New Xenia

Xenia terbaru ini resmi diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada November 2021.

Daihatsu Xenia yang terbaru dihargai mulai dari Rp 212 jutaan. MPV ini memiliki ukuran lebih panjang ketimbang model sebelumnya dan terlihat lebih sporty. Kemudian, mesin yang digunakan adalah mesin berpenggerak roda depan. 

Mobil ini juga telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaru dari Daihatsu Advanced Safety Assist (ASA).

4. Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize resmi diluncurkan oleh ADM dan TAM pada 2021 lalu. Compact SUV ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis atau CVT. Ada satu kelebihan yang dimiliki mobil ini, yaitu konsumsi bahan bakarnya yang efisien.

Dari segi ukuran, Raize dan Rocky tergolong kompak atau solid. Mobil ini bisa mengangkut hingga lima orang penumpang.

5. Honda BR-V

Tersedia dalam dua pilihan transmisi, Honda BR-V dibanderol dari harga Rp 275 juta hingga Rp 339 jutaan. Mobil tipe LSUV ini bisa mengangkut hingga 7 orang dalam kabinnya.

Serupa dengan mobil-mobil baru lainnya, Honda BR-V juga sudah menggunakan headlamp berteknologi LED, yang menyatu dengan bagian gril depan. Selain itu, mobil ini juga sudah menggunakan keyless entry.

Untuk varian BR-V Prestige, ada beberapa fitur canggih yang bisa dinikmati seperti Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM).

6. Honda City Hatchback

Mobil hatchback keluaran Honda yang baru ini ditawarkan dalam dua tipe yaitu 2021 Honda City Hatchback RS 1.5 M/T, dengan harga sekitar Rp 289 jutaan. Sedangkan Honda City Hatchback RS 1.5 CVT dihargai kisaran Rp 299 jutaan.

Mesin yang digunakan pada Honda City Hatchback sama dengan mesin pada Honda All New BR-V. Namun dari segi model, mobil ini lebih kecil dan terlihat lebih kecil dan compact.

Honda City Hatchback tersedia dalam enam pilihan warna, dan dua tipe transmisi yaitu manual dan otomatis.

7. Honda CR-V Black Edition

Dari antara jajaran CR-V Honda yang lainnya, Honda CR-V Black Edition merupakan varian tertinggi.

Berbeda dari pendahulunya, CR-V ini memiliki teknologi Honda Sensing. Hampir keseluruhan bagian bodinya, baik interior maupun eksterior berwarna hitam pekat yang memberikan kesan sporty.

Dikabarkan, harganya Rp 15 juta lebih mahal ketimbang pendahulunya, Turbo Prestige CR-V yang dibanderol sekitar Rp 550 jutaan.

8. Suzuki Ertiga Sport 2021

Suzuki Ertiga Sport meluncur di GIIAS 2021 dan dijual dengan harga mulai dari Rp 258 jutaan untuk transmisi manual hingga Rp 268 jutaan untuk transmisi otomatis.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Ertiga terbaru tidak memiliki banyak perbedaan bagian eksterior. Hanya ada beberapa ubahan kecil, di antaranya panel atap hitam, spion hitam, dan rear spoiler hitam.

LMPV keluaran Suzuki ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap seperti ISOFIX, ABS+EBD, platform HEARTECT, TECT Body, Dual SRS airbag, child proog door lock, side impact beams dan immobilizer.

9. Mitsubishi Pajero Sport

SUV keluaran Mitsubishi ini tersedia dalam 3 tipe yaitu GLX, Exceed dan Dakar, dengan kisaran harga mulai dari Rp 517 jutaan hingga Rp 630 jutaan.

Pajero Sport facelift 2021 ini memiliki fitur Remote Control yang bisa dihubungkan ke ponsel. Dengan fitur ini, pengemudi bisa mengakses berbagai fungsi dan informasi kendaraannya melalui ponsel.

Pajero Sport juga dilengkapi beberapa fitur keselamatan, misalnya Blind Spot Warning - Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Electric Parking Brake (EPB)

Ada lima varian warna yang tersedia, yaitu Deep Bronze Metallic, Diamond Black Mica, Quartz White Pearl, Sterling Silver Metallic dan Titanium Grey.

10. Mitsubishi New Xpander

Merupakan facelift dari pendahulunya yaitu Xpander, Mitsubishi New Xpander tersedia dalam tujuh varian yang berbeda dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. MPV ini bisa memuat hingga 7 orang pada kabinnya.

MPV keluaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ini memiliki bagian eksterior yang terlihat lebih modern dibandingkan pendahulunya. 

Perbedaan yang cukup signiterlihat dari pelek 17 inci two tone desain baru, LED tail gate dan electric switch tail gate door handle, membuat pintu bagasi lebih mudah dibuka hanya dengan satu tekanan.

Harganya berkisar dari Rp 248 jutaan hingga Rp 257 jutaan. Sedangkan varian sport dihargai sekitar Rp 275 juta.

11. The All-New Nissan Leaf

Dibanderol sekitar Rp 679 jutaan, kendaraan listrik ini bisa memuat hingga 5 orang penumpang. Untuk mobil ini, jenis transmisi yang tersedia hanya satu yaitu otomatis.

Fitur keamanan yang ada pada Nissan Leaf terbilang lengkap. Ada enam airbags, rem ABS, EBD dan Brake Assist, Forward Collision Warning dan Forward Emergency Braking. Kemudian, satu fitur yang tidak dimiliki mobil lain ialah e-Pedal, di mana pengendara bisa mengoperasikan mobil hanya dengan satu pedal.

e-Pedal memberikan deselerasi untuk melambatkan laaju kendaraan sembari mengurangi konsumsi listrik. Sehingga, listrik yang digunakan saat berkendara bisa lebih efisien dan hemat.

Mobil listrik ini tersedia dalam 11 varian warna, mulai dari shade abu-abu hingga merah dan biru.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/02/082100115/daftar-mobil-baru-yang-meluncur-di-indonesia-sepanjang-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.