Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Kondisi Repsol Honda Saat Ini | Sirkuit Mandalika Akan Jadi Tuan Rumah GT World Challenge Asia 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Marc Marquez absen hampir semusim penuh di 2020 karena cedera berat, Repsol Honda Team langsung terpuruk. Kondisi ini bahkan membuat mantan bos tim pabrikan Honda ini prihatin melihatnya.

Pasalnya, pebalap Honda lainnya juga tidak ada yang kompetitif. Sebab, ketika Marquez absen, pengembangan motor jadi terhenti dan bahkan kehilangan arah.

Atas hal itu Mantan Manajer Repsol Honda Team Livio Suppo, mengatakan, dirinya sangat prihatin melihat Honda Racing Corporation (HRC) dalam masalah.

"Sebab, ketika saya meninggalkan tim ini, mereka sangat kuat. Mereka harus menemukan jalan yang tepat. Saya harap Marc akan sehat lagi tahun depan dan bisa membantu," ujar Suppo, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Rabu (22/12/2021).

Selain itu, artikel mengenai video di media sosial yang memperlihatkan truk mengalami pecah ban di salah satu ruas jalan tol mendapat perhatian oleh pembaca.

Pasalnya ban tersebut pun langsung mental hingga mengenai mobil yang berada tepat di belakang truk itu. Beruntungnya pengemudi yang berada di belakang sedang melaju dalam kondisi menengah.

Lebih lanjut, berikut 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, Rabu, 22 Desember 2021:

1. Kejadian Lagi, Ban Truk Pecah di Tol Membahayakan Pengemudi Lain

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan truk mengalami pecah ban di salah satu ruas jalan tol.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun @romansasopirtruck, terlihat truk berwarna oranye yang sedang melintas di salah satu ruas jalan tol itu tiba-tiba mengalami pecah ban.

Ban tersebut pun langsung mental hingga mengenai mobil yang berada tepat di belakang truk itu.

Beruntungnya pengemudi yang berada di belakang truk tersebut berkendara dengan kecepatan sedang, sehingga dapat segera menghentikan laju mobilnya.

2. Prihatin Melihat Kondisi Repsol Honda Sekarang

Sejak Marc Marquez mengalami cedera berat, Repsol Honda Team langsung terpuruk. Kondisi ini bahkan membuat mantan bos tim pabrikan Honda ini prihatin melihatnya.

Marquez mengalami cedera patah tulang pada lengan kanan, sehingga harus absen hampir satu musim penuh di 2020. Setelah istirahat panjang, Marquez kembali di musim 2021, tapi dalam kondisi yang jauh dari kata ideal.

Namun, ketika kembali balapan di musim ini pun Marquez tidak langsung kompetitif. Meskipun, sempat memberikan kemenangan di Sachsenring, Texas, dan Misano.

3. Dampak Mesin Diesel Tenggak Solar Nonstandar

Mobil dengan bahan bakar solar masih menjadi pilihan menarik bagi warga Indonesia karena dianggap lebih tangguh dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang relatif ekonomis.

Sehingga dalam penggunaan sehari-hari di kawasan perkotaan, mobil bermesin diesel terkenal bandel. Hanya saja, pemilik atau pengguna harus memperhatikan pengisian solar-nya.

"Karena mesin diesel yang menggunakan bahan bakar kurang berkualitas, tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, bisa berdampak mengerikan," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, belum lama ini.

4. Sirkuit Mandalika Akan Jadi Tuan Rumah GT World Challenge Asia 2022

Mulai musim depan, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, akan menjadi tuan rumah dari banyak kejuaraan balap bertaraf internasional.

Selain World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP, Sirkuit Mandalika belum lama ini dikabarkan masuk kalender GT World Challenge Asia 2022.

Mandalika menjadi salah satu dari tiga sirkuit baru yang akan menjadi tuan rumah ajang balap tersebut. Dua sirkuit lainnya adalah Sugo dan Okayama.

5. Tips Melihat Ciri-ciri Ban Mobil yang Sudah Kedaluwarsa

Karet jadi salah satu material penting dalam kendaraan, termasuk mobil. Sayangnya, sebagian orang masih hanya fokus pada ban saja. Padahal, komponen berbahan karet tersebar di berbagai titik di mobil.

Lebih teliti, selain empat ban utama ditambah satu ban cadangan, material karet terdapat pada pintu dan jendela mobil, bushing, mounting body, hingga wiper.

"Untuk ban yang paling terlihat, tetapi ada unsur lain. Rubber itu jadi penting karena menyangkut unsur safety dan kenyamanan berkendara. Untuk jelasnya kita masuk ke teknik bagaimana memahami soal rubber. Pertama soal ban yang paling bisa diidentifikasi dengan mudah," kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, dalam konferensi pers virtual, Selasa (12/21/2021).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/23/060200915/-populer-otomotif-kondisi-repsol-honda-saat-ini-sirkuit-mandalika-akan-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke