Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Tampilan BMW 430i, Kupe Berbasis Seri 3 yang Radikal

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai meluncur pada Juni 2021, Kompas.com berkesempatan mengulas lebih detail BMW Seri 4 model terbaru. Sedan kupe yang didatangkan secara utuh dari Jerman ini dijual dalam satu varian 430i dengan trim M Sport Pro.

Bisa dibilang mobil ini merupakan generasi kedua dari Seri 4 yang pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2014. Namun pada dasarnya, 430i (G22) adalah mobil yang dikembangkan dari seri-3.

Menariknya, Seri 4 terbaru membawa perubahan desain yang signifikan dibandingkan model sebelumnya. Padahal biasanya antara Seri 4 dan Seri 3 tidak memiliki perbedaan yang terlalu banyak dari segi tampilan.

Perubahan desain yang paling menonjol adalah kidney gril besar di bagian depan yang terinspirasi oleh BMW-BMW keluaran tahun lama.

Mungkin tak sedikit yang skeptis dengan desain fascia mobil yang tergolong radikal, tapi tak sedikit juga yang langsung kepincut dengan tampilannya. Apalagi jika sudah melihatnya secara rutin.

Di depan, 430i terbaru sudah menggunakan lampu Laser Ligth terbaru, membuat pancaran sinar yang dihasilkan lebih cerah. Sementara di bagian bawahnya terdapat lampu DRL dan kisi-kisi udara.

Beranjak ke bagian samping, bisa terlihat bahwa mobil ini membawa aura yang lebih sporty ketimbang Seri 3 biasa. Utamanya berkat dua pintu yang jadi ciri khas mobil ini.

Untuk trim M Sport Pro, perbedaan di samping terlihat pada kaliper rem yang lebih mencolok dengan warna merah, serta emblem yang berada di sekitar overfender.

Kemudian peleknya juga menarik, karena punya ukuran yang berbeda antara di depan dan belakang. Pelek bermotif jari-jari 10 palang ini dibalut dengan ban berprofil 225/40 R19 di depan dan 255/35 R19 di belakang.

Melihat tampilan belakangnya, 430i juga punya ciri khas. Dari lampu yang berbeda dari Seri 3, duck tail kecil di atas bagasi, hingga dua buah lubang knalpot.

Kemudian desain bumper belakang memiliki lekukan yang sangat sporty, berkat adanya diffuser untuk meningkatkan aerodinamika.

Beralih ke bagian interior, tampilan dasbor dan peletakan tombol-tombol mungkin masih mirip dengan Seri 3.

Mungkin buat beberapa pemilik ada yang merasa bosan, tapi barangkali ada juga yang merasa lebih familiar.

Meski begitu, ruang kabin 430i masih menyajikan aura kemewahan dan orientasi berkendara yang baik buat pengemudi.

Apalagi material kabin juga masih sangat baik, dengan bahan pelapis kulit dan material empuk yang berlimpah di interiornya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/07/142100715/bahas-tampilan-bmw-430i-kupe-berbasis-seri-3-yang-radikal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke