Salin Artikel

Modifikasi Motor Kontet, Honda Tiger Mini Scrambler

JAKARTA, KOMPAS.com - Bosan dengan tampilan cafe racer sang pemilik memutuskan untuk kembali merombak motornya. Setelah menimbang-nimbang akhirnya dipilih konsep motor mini.

Proses kustomisasi diserahkan kepada Yustinus Erwan Santoso, dari Insan Motor Bekasi. Honda Tiger custom yang sudah lama mangkrak itu kemudian dibongkar dan dibuat jadi "bonsai."

“Tadinya motor sudah jadi bikinan orang juga. Saya bikin lagi. Aslinya model cafe racer, ini motor adiknya tapi karena lama tidak dipakai mangkrak akhirnya dibangun lagi sama kakaknya akhirnya dibuat motor mini,” kata Yus kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2021).

Oleh Yus subframe kemudian dipotong abis dan rangka utama sedikit dimodifikasi. Pegangan mesin juga ditinggikan agar mesin jadi mepet backbone atas.

“Biar mesin naik. Nempel sama backbone atas karena kalau tidak dia terlalu ke bawah,” katanya.

Beres urusan sasis beralih ke bodi. Yus membuat tangki yang terinspirasi dari desain tangki Ducati. Materialnya memakai pelat galvanis ketebalan 1,2 mm. Sayang Yus lupa model Ducati apa yang dijadikan contoh.

“Saya lupa model apa. Tekukkannya, futuristis. Pakai warna abu-abu, yang punya maunya seperti itu, tadinya kita pingin warna ngejreng kaya Monkey Z125 tapi orangnya maunya abu-abu,” katanya.

Kesulitan membuat motor mini ialah membuat proporsi yang tepat. Sebab kalau tidak motor terlihat bantet atau malah terlalu jangkung. Tapi Yus mengaku tidak menghitung pasti saat rancang bangun.

“Main feeling, karena kita engga sengaja saja. Dipasin seenak dilihatnya saja. sSama posisi shock belakang biar kemiringannya enak dilihat tapi tidak diukur berapa derajatnya,” katanya.

Yus mengatakan konsep awalnya ialah mini scrambler sesuai dengan aplikasi ban tapak kasar. Tapi kemudian agar lebih nyaman setangnya tinggi dan knalpotnya pakai model dua silinser terbagi kiri dan kanan.

“Gayanya mini scrambler. Cuma setang mau gak mau tinggi. Knalpotnya kiri-kanan di bawahnya ada “Y”. Dia maunya seperti itu, tadinya saya inginnya knalpotnya naik. Knalpotnya di atas di samping jok,” kata Yus.

Spesifikasi

Master rem depan: Brembo RCS 15
Master kopling: Brembo RCS 14
Kaliper: Brembo Original gold 2 piston
Kopling hidrolik: Accossato
Master rem belakang: Brembo
Ban: sShinko SR 426
Shock depan: Aftermarket Honda Monkey
Speedometer : Koso
Knalpot : kustom stainless
Stang : kustom
Shock belakang : Ohlins
Swingarm : Honda Monkey aftermarket

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/04/112200015/modifikasi-motor-kontet-honda-tiger-mini-scrambler-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.