Salin Artikel

Toyota Jual Lagi Sparepart AE86 Lewat GR Heritage Parts

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengumumkan penjualan GR 86 di Jepang, Toyota kembali melakukan gerakan barunya dengan menjual sparepart mobil Toyota AE86 melalui in-house tuner Gazoo Racing.

Sebagai informasi, Toyota Gazoo Racing memiliki divisi GR Heritage Parts yang khusus memproduksi kembali suku cadang mobil populer keluaran Toyota yang sudah discontinued alias disuntik mati.

Saat ini GR Heritage Parts sudah menggarap sparepart untuk beberapa model mobil ikonik Toyota, yakni Supra A70 dan A80, Toyota 2000GT, serta Toyota Land Cruiser seri 40.

Melansir Paultan (1/11/2021), Proyek berikutnya dari GR Heritage Parts yakni Toyota AE86 Corolla Levin dan Sprinter Trueno. Para pecinta otomotif tentu paham bahwa mobil ini terkenal sebagai mobil tukang tahu dalam serial animasi Jepang berjudul Initial D.

Mobil yang kerap diberi nama "hachi-roku" di Jepang ini sudah berhenti diproduksi sejak lebih dari 30 tahun yang lalu. Namun mobil ini tetap populer hingga saat ini, bahkan jadi inspirasi dalam pembuatan GR 86.

Sparepart AE86 berupa kaliper rem belakang dan knuckle arm setir beserta pinnya mulai dijual pada 1 November 2021. Knuckle arm setir tersebut bisa dipasang pada Levin SR atau Trueno SR AE85. Namun untuk kaliper rem belakang khusus dibuat hanya untuk AE86.

Selanjutnya menyusul pada 1 Desember 2021, diluncurkan sparepart AE86 berikutnya berupa driveshaft belakang.

Toyota tidak menyebutkan informasi lebih detail mengenai suku cadang selain kedua komponen tersebut. Selain itu, tidak ada pula keterangan mengenai kapan produksinya akan berhenti.

Meski begitu, Toyota menyebutkan bahwa GR Heritage Parts tetap akan menjual suku cadang AE86 hingga stoknya habis meski sudah berhenti diproduksi di masa depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/02/081200815/toyota-jual-lagi-sparepart-ae86-lewat-gr-heritage-parts

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.