Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Menutup Kap Mesin Mobil yang Benar, Jangan Dibanting

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai melakukan pengecekan pada sektor mesin atau bagian lainnya yang berada di dekatnya, tentu kap mesin perlu ditutup kembali. Ternyata menutup kap mesin tidak bisa asal.

Ada teknik yang perlu diperhatikan saat menutup kap mesin. Sebab jika salah melakukannya, ada risiko merusak struktur bagian tersebut. Umumnya orang-orang akan menutup kap mesin menggunakan 2 cara.

Pertama adalah membantingnya hingga kap terkunci dengan sendirinya. Lantas cara kedua adalah menekan kap mesin saat posisinya sudah menutup agar sistem pengunci dapat terkait.

Lantas apakah kedua cara tersebut sudah benar?

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bahwa pada buku pedoman kepemilikan mobil sebetulnya sudah dicantumkan cara menutup kap mesin yang benar.

“Rekomendasi pabrikan adalah dengan dijatuhkan dari jarak sekitar 20 sampai 30 cm, tidak perlu sampai dibanting,” ujar Bambang kepada Kompas.com belum lama ini.

Ini disebabkan kap mesin pada umumnya memiliki bobot cukup berat sehingga tanpa perlu dorongan atau bantingan, gaya gravitasi akan membuat kap menekan pengait kunci dengan sendirinya.

Menekan atau membanting kap mesin secara berulang-ulang bisa menyebabkan permukaan kap jadi tidak normal, parahnya bisa saja panel kap akan penyok atau bengkok.

Senada, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi turut mengatakan bahwa idealnya kap mesin dilepas pada ketinggian sekitar 20 sampai 30 cm, tergantung bobot kap mesin.

“Kalau ditekan ada potensi penyok atau malah berpotensi kerusakan pada mekanisme lock dan kap mesin itu sendiri. Namun kembali kepada besarnya tekanan, berat atau ringan kap mesin dan konstruksinya,” kata Didi.

Jangan lupa, saat ingin menutup kap mesin pastikan tidak ada orang di sekitar atau tangan yang masih menyentuh bagian depan mobil. Tentu tidak ingin ada orang yang jari tangannya terjepit kap mesin mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/29/101200415/begini-cara-menutup-kap-mesin-mobil-yang-benar-jangan-dibanting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke