Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komunitas M8 Nusantara Masuki Etape 2 Jelajah Sulawesi

Selanjutnya para petualang yang terdiri dari pasangan suami istri yaitu Vincent Soetedja dan Efi Juwita, serta ditemani Harun Hefli dan Patricia Jesslin, akan memulai Etape 2 menjelajah Sulawesi.

Mulai 26 Oktober 2021, tim akan memulai petualangan baru menyusuri Pulau Sulawesi, mulai dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara.

Tim akan mengunjungi Kerajaan Gowa, I La Galigo, perahu Phinisi, Tana Toraja, Konawe, Gorontalo dan keindahan Kawanua sangat mewarnai sejarah peradaban bangsa Indonesia.

Empat motor M8 Nusantara akan terus menapaki jalan-jalan di Pulau Sulawesi. Jarak tempuh diperkirakan mencapai 2.500 km.

Efi Juwita mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan yang meliputi logistik, spareparts atau komponen cadangan, hingga obat-obatan.

“Fisik prima menjadi syarat utama, karena kita mungkin tidak hanya berkendara di jalan aspal atau light off-road dengan jangka waktu yang cukup lama. Kami juga harus istirahat cukup, untuk itu perjalanan pada malam hari sebisa mungkin dihindari,” katanya dalam rilis resmi, Selasa (26/10/2021).

Harun Hefli mengatakan usai etape kedua tim akan melanjutka ke etape 3. Kegiatan bertahjuk Identitas Indonesia ini akan bergeser ke Kepulauan Maluku dan Papua.

Kemudian berlanjut pada etape 4 di Pulau Kalimantan, dan sebagai penutup atau Etape 5 akan berakhir di Pulau Sumatera.

"Perjalanan ini bertujuan untuk merekam adat istiadat, bahasa, filosofi hidup, kesenian dan busana adat dari suku-suku yang dapat ditemui selama perjalanan ini, dari Sabang sampai Merauke,” kata Harun.

Misi

Selain memperlihatkan keindahan Indonesia, misi M8 Nusantara juga merekam budaya, adat istiadat, keberagaman suku-suku yang ada di Indonesia, bahasa, filosofi hidup dan kesenian.

Tim juga berusaha mengunjungi kerajinan usaha kecil menengah di daerah yang disinggahi dari Sabang sampai Merauke.

Ridernya terdiri dari pasangan suami istri Vincent Soetedja pakai Triumph Tiger 900 Rally dan Efi Juwita dengan Ducati Scrambler Icon 800, serta ditemani Harun Hefli dan Patricia Jesslin yang memakai Yamaha MT-25.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/26/131956515/komunitas-m8-nusantara-masuki-etape-2-jelajah-sulawesi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke