Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Injeksi Kehabisan Bensin, Ini yang Harus Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor dengan teknologi injeksi sudah banyak dijual di pasaran. Dengan teknologi yang makin canggih, pengendara motor dimudahkan dengan berbagai fitur.

Salah satunya fitur indikasi bahan bakar, dimana berfungsi memberikan informasi kepada pengendara kapan harus mengisi bahan bakar motornya.

Berkat fitur tersebut, pemilik tidak perlurepot membuka tangki BBM hanya untuk memastikan sisa bahan bakar yang tersedia. Semuanya bisa dipantau melalui indikator yang ada pada panel speedometer.

Hanya saja terkadang pemilik motor mengabaikan indikator tersebut, akibatnya harus rela mendorong karena kehabisan bensin. Masih banyak jugA yang beranggapan motor injeksi yang kehabisan bensin akan merusak sistem ijeksinya.

Namun menurut Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya menjelaskan, anggapan tersebut tidak benar. Paling penting saat motor injeksi kehabisan bensin adalah ketika menyalakan kembali setelah diisi.

"Itu tidak benar, secara teknis kalau kehabisan bensin ya motornya nggak bisa nyala. Yang menjadi perhatian adalah setelah diisi bensin lagi," kata Dwi kepada Kompas.com belum lama ini.

Dwi mengatakan, setelah kehabisan bensin dan mengisinya kembali, ada langkah yang harus dilakukan agar fuel pump bekerja normal kembali.

Pompa bensin yang bekerja secara normal akan menghasilkan tekanan bensin yang standar sehingga motor dapat dinyalakan kembali.

"Karena kalau sudah diisi bensin tentunya bensi tidak akan langsung masuk ke fuel pump. Cara untuk mempercepat kerja fuel pump agar kembali normal adalah kita putar kunci on-off beberapa kali sampai terdengar bunyi fuel pump-nya, baru kita nyalakan motornya," kata dia.

Hal yang sama juga dikatakan oleh pemilik bengkel spesialis matik Naranata Motor Joko Purnomo.

Menurut Joko, saat motor injeksi kehabisan bahan bakar akan ada udara yang masuk. Maka udara tersebut harus dikeluarkan dulu agar mesin bisa kembali menyala.

"Saat motor injeksi kehabisan bensin udara akan masuk ke injektor, maka udara harus dikeluarkan terlebih dahulu. Caranya dengan memutar kunci kontak on-off sebanyak lima kali," katanya.

Jadi, para pemilik motor injeksi tidak perlu panik berlebihan jika mengalami hal tersebut. Hanya saja, saat menyalakan pertama kali harus menunggu fuel pump bunyi terlebih dahulu.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/16/152100415/motor-injeksi-kehabisan-bensin-ini-yang-harus-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke