Salin Artikel

Bocoran Xpander Terbaru, Begini Ubahannya sejak Meluncur

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitsubishi Xpander meluncur pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Sejak itu, Xpander jadi trendsetter Low MPV dengan desain mirip SUV.

Pasalnya, Xpander mengusung siluet bodi yang tegas. Dari samping kita bisa melihat garis overfender yang jelas tampak. Sementara desain fascia juga sangat berkarakter berkat bahasa desain Dynamic Shield yang diusungnya.

Kini berselang empat tahun sejak pertama kali hadir, Mitsubishi tampaknya sedang menyiapkan versi facelift dari mobil ini.

Hal ini terpantau dari media sosial (14/10/2021), di mana muncul sebuah foto spyshot yang diduga merupakan Xpander facelift. Namun, tak berselang lama, foto tersebut tampaknya langsung dihapus oleh pemilik akun.

Intan Vidiasari, Deputy General Manager Marketing Communication & PR Division MMKSI, mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan informasi mengenai ada atau tidaknya produk baru dari Mitsubishi Motors.

“Mohon maaf kami juga tidak bisa memberikan komentar atas pemberitaan yang timbul atas dasar ‘perkiraan’ atau prediksi, karena bukan merupakan informasi resmi dari pihak MMKSI,” ujar Intan kepada Kompas.com (14/10/2021).

Meskipun belum terpampang jelas, terlihat bahwa Low MPV ini mengalami ubahan pada bagian fascia, terutama desain bemper, kap mesin, lampu depan, berikut juga DRL.

Sementara untuk bagian lainnya, dari gambar yang beredar, terlihat tidak banyak berubah. Desain garis samping masih sama, begitu juga dengan motif pelek yang mirip dengan model saat ini.

Dengan kehadiran model baru ini, artinya Xpander sudah dua kali melakukan facelift sejak meluncur. Seperti diketahui, Low MPV Mitsubishi itu terpantau pertama kali facelift pada Februari 2020.

Ketika itu, peluncuran Xpander facelift pertama dilakukan tanpa seremoni khusus, hanya dengan menyebar rilis dan pameran di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Barat.

Terlihat, mobil bersolek dari bagian eksterior, interior, hingga mengalami sejumlah penambahan fitur. Dari eksterior, Xpander masih mempertahankan desain fascia sebelumnya.

Namun gril berubah, tadinya dengan tiga buah garis horizontal, versi facelift-nya mengusung dua buah garis horizontal dengan motif tambahan.

Kemudian, bagian kaki-kaki memiliki tampilan baru dengan profil pelek 16-inch Two Tone Alloy Wheel. Tampilan sporty juga terlihat pada bagian belakang atap yang kini dilengkapi dengan Shark Fin Antenna pada varian Ultimate, Sport, dan Exceed.

Selain itu, tersedia juga fitur yang semakin mengoptimalkan visiblitas dan memberikan kenyamanan kepada pengendara, yakni penyematan lampu LED pada bagian head lamp dengan lighting range lebih luas.

Visibilitas pengendara juga tetap maksimal ketika dalam kondisi kabut atau embun karena tersedia Rear Window Defogger pada varian Ultimate, Sport, dan Exceed.

Selanjutnya tersedia 16 ruang penyimpanan multifungsi di semua sisinya untuk memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi.

Beranjak ke interior, kabin Xpander hadir dengan New Beige Seat Pattern yang memberikan interior nyaman serta mewah untuk varian Ultimate dan Exceed, dan New Black Seat Pattern untuk interior sporty dan modern pada varian Sport.

Tampilan interior kini mengaplikasikan New Accent Instrument Panel dan Door Trim Wood Panel pada varian Ultimate dan Exceed, serta Door Trim Silver Panel untuk varian Sport.

Sementara untuk varian Ultimate dan Sport, pada bagian Head Unit, disematkan 7-inch Touch Screen Audio dengan Smartphone Connectivity menambah kenyamanan dan kemudahan saat berkendara.

Khusus untuk varian Sport kini sudah dilengkapi fitur Hands Free Steering Switch yang memudahkan pengendara untuk tetap terkoneksi dengan telepon, tetapi tetap aman selama mengemudi.

Untuk mengoptimalkan keamanan berkendara, kini Xander dilengkapi dengan rear parking sensor yang memberikan peringatan bunyi saat mendeteksi objek yang menghalangi mobil ketika parkir mundur.

Di samping itu, untuk memaksimalkan keamanan, seluruh varian telah disematkan fitur New Dual Horn dalam memberikan isyarat kepada pengendara lain selama berkendara.

Kemudian, Mitsubishi juga sempat menghadirkan varian Rockford Fosgate yang mengusung instalasi audio yang khusus, yakni tahun 2020 dan 2021.

Tak berselang lama, Mitsubishi juga menghadirkan varian Black Edition dengan aksesori tambahan, yang diproduksi terbatas mulai Juni 2021.

Jika versi facelift kedua dari Xpander meluncur pada GIIAS 2021, artinya ini menjadi sebuah pertanda bahwa Mitsubishi tidak tinggal diam dengan kemunculan calon Avanza-Xenia baru.

Sebab, jeda jarak waktu dari facelift pertama dan kedua terbilang terlalu dekat. Apalagi, Mitsubishi Motors juga sempat mengumumkan bahwa Xpander generasi baru direncanakan bakal hadir pada 2023.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/14/132325015/bocoran-xpander-terbaru-begini-ubahannya-sejak-meluncur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.