Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Hilangkan Jamur pada Kaca Mobil, Modal Pasta Gigi

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan cukup tinggi kini mulai dialami oleh beberapa wilayah di Indonesia. Dalam kawasan tertentu bahkan sudah sempat mengalami peningkatan volume air hingga sedikit mengganggu lalu lintas.

Bagi pengendara mobil yang masih aktif, penting untuk turut menjaga kondisi di kendaraannya. Sebab bila lalai, dapat menyebabkan beragam kerugian seperti timbulnya jamur pada kaca.

Tetapi, bila Anda sudah mengalami hal tersebut jangan khawatir. Ada beberapa cara mudah menyelesaikan masalah itu sebagaimana dikatakan CEO Makko Group Christopher Sebastian.

"Pertama, bisa menggunakan pasta gigi. Caranya cukup oleskan pasta gigi di bagian kaca yang berjamur dan biarkan mengering. Bilas dengan air kemudian lap dengan kain microfiber," katanya kepada Kompas.com.

Diketahui bahwa pasta gigi memiliki kandungan pemutih hidrogen peroksida. Itu punya sifat oksidator yang tinggi sehingga dapat membunuh jamur.

Cara kedua, bisa memanfaatkan minuman soda tanpa pewarna, yang dicampur dengan air. Namun perlu dihindari bila minuman terkait mengandung gula baik alami maupun buatan.

"Tidak mengandung gula supaya tak mendatangkan semut. Caranya, basahi kain microfiber dengan air soda dan gosokkan perlahan pada kaca mobil yang berjamur," ujar Christopher.

Jika dirasa kurang ampuh, bisa pertimbangkan menggunakan alkohol. Caranya, basahi kain lembut dengan cairan terkait dan gosokkan ke kaca mobil perlahan supaya tidak menimbulkan goresan.

“Kalau mau lebih aman bisa menggunkan obat khusus jamur kaca mobil, karena kalau obat khusus jamur memiliki sifat hydrophobic atau air daun talas. Sehingga air tidak akan menempel pada kaca dan jamur pun berkurang,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/07/192100015/cara-mudah-hilangkan-jamur-pada-kaca-mobil-modal-pasta-gigi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke