Salin Artikel

Bisakah Perilaku Pengemudi Truk Diubah Jadi Lebih Aman?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengemudi truk di Indonesia bisa dibilang beragam, ada yang kerap menaati aturan, namun tidak sedikit juga yang ugal-ugalan. Misalnya saja pengemudi truk yang mengebut atau melakukan aksi oleng di jalanan.

Tentu saja perilaku pengemudi truk tadi bisa dibuat lebih baik. Memperbaiki perilaku pengemudi yang sudah menjadi kebiasaan memang mudah dikatakan, namun sebenarnya sulit juga untuk direalisasikan.

Tidak jarang pengemudi yang ugal-ugalan tadi karena terlalu lelah bekerja semalaman. Sehingga dengan memanfaatkan bodi truk yang besar, manuver yang dilakukan pengemudi kerap arogan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi truk bertindak mengikuti kebutuhan perutnya, sehingga untuk berkendara dengan selamat, masih sangat jauh untuk dilakukan.

Sebenarnya ada beberapa proses yang bisa dilakukan untuk mengubah perilaku pengemudi truk jadi lebih baik. Pertama adalah dengan melakukan training atau peningkatan skill.

“Tanpa training, mereka jadi minim pengetahuannya. Kedua, mengakui kekurangan, jadi tindakan yang salah harus dievaluasi oleh mereka sendiri, bukan dari orang lain,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (6/10/2021).

Untuk bagian mengakui kekurangan, nampaknya masih sulit dilakukan pengemudi di Indonesia. Mereka masih beranggapan selama tepat waktu dan sampai, maka segala cara bisa dilakukan.

“Terakhir adalah komitmen untuk menerapkan cara mengemudi yang benar. Sebenarnya kalau sudah training, mereka akan sadar, cuma kembali lagi ke masing-masing pengemudi karena enggak bisa dipaksakan, sekalipun sudah pernah alami kecelakaan,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/07/122200215/bisakah-perilaku-pengemudi-truk-diubah-jadi-lebih-aman-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.