Salin Artikel

Musim Hujan, Sebaiknya Hindari Parkir di Lokasi Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan baik dengan intensitas rendah hingga tinggi. Bahkan tidak jarang disertai dengan angin kencang.

Dengan keadaan cuaca seperti ini, pengemudi harus tetap waspada ketika berada di jalan raya. Mengingat, potensi bahaya seperti pohon tumbang bisa saja terjadi sewaktu-waktu dan bisa mencederai pengguna jalan.

Potensi bahaya yang ditimbulkan pada saat musim hujan juga harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan roda empat saat memarkirkan mobilnya.

Apalagi pemilik mobil yang memiliki kebiasaan memarkirkan mobil di bawah pepohonan. Pasalnya, bisa saja pohon diterpa angin kencang dan roboh sehingga menimpa mobil yang tengah parkir.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, ada beberapa potensi bahaya ketika mobil parkir di bawah pohon.

Mulai dari pohon tumbang karena terpaan angin, dahan patah, ancaman kotoran burung hingga getah pohon yang berbahaya bagi cat kendaraan.

“Sebaiknya parkir mobil tidak lagi di bawah pohon, karena potensi bahaya banyak. Misalkan pohon tumbang, atau buahnya jatuh sehingga menimpa mobil dan membuat penyok,” katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain batang atau dahan, jika pohon tersebut menghasilkan buah dengan ukuran yang relatif besar, kejatuhan buah pun bisa berisiko membuat bodi mobil penyok.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). Jusri mengatakan, salah satu lokasi yang sebaiknya dihindari saat hujan adalah di bawah pohon besar.

“Hal ini karena pohon-pohon besar biasanya rawan tumbang, terutama saat terjadi hujan yang disertai angin kencang,” kata Jusri.

Selain di bawah pohon, Jusri juga menyarankan untuk tidak parkir di area terbuka yang berkontur cekung. Sebab tempat parkir seperti itu berisiko tergenang air saat hujan deras.

“Kalau mobil ditinggal lama dikhawatirkan mobil akan tergenang. Lebih baim ditanyakan kepada petugas parkirnya, apakah lokasi parkir tersebut rawan banjir atau tidak,” katanya.

Selain itu, hindari juga parkir di bawah reklame. Seperti halnya pohon besar, papan reklame yang tinggi rentan roboh saat terjadi hujan angin.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya hindari lokasi-lokasi parkir tadi. Pemilik mobil dapat memilih gedung parkir atau gedung perkantoran. Paling penting tidak memarkir kendaraan di bawah jembatan layang, terowongan, atau badan jalan.

“Basement juga aman, namun harus dipastikan bahwa lokasi gedungnya tidak berpotensi terkena banjir. Sebab pernah terjadi basement mobil tenggelam akibat banjir,” ucap Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/02/120200915/musim-hujan-sebaiknya-hindari-parkir-di-lokasi-ini-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.