Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memilih Bus Pariwisata yang Aman dan Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus pariwisata kerap disewa sekelompok orang untuk pergi wisata. Kabinnya yang besar menjadi nilai tambah karena bisa memuat banyak penumpang.

Namun perlu diketahui, memilih bus pariwisata tidak bisa sembarangan. Jangan sampai terjebak harga yang murah, malah mendapatkan fasilitas dan kondisi bus pariwisata yang kurang bahkan membahayakan.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika ingin memilih bus pariwisata. Pertama adalah track record dari PO bus dan pengalaman pengemudinya.

“Biasanya dari track record, driver pengalaman atau tidak. Lalu tanya juga untuk medan yang mau dilalui, ada kesulitan enggak buat busnya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Mengingat bus pariwisata rutenya bisa disesuaikan dengan permintaan penyewa, harus ditanyakan apakah pengemudi mampu melewati medan tersebut. Sedangkan untuk track record perusahaan, bisa dilihat dari unit-unit yang ada, terawat atau tidak.

Selain itu, bisa dicari tahu juga apakah bus tersebut punya sejarah yang baik atau tidak. Misalnya sangat memerhatikan keselamatan dan jarang mengalami kecelakaan yang fatal.

“Kumpulkan informasi bus tersebut dengan tanya sama orang lain yang pernah pakai jasanya. Bisa juga cek instagram jika ada atau lihat review di google,” kata Dimas.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/30/090200915/cara-memilih-bus-pariwisata-yang-aman-dan-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke