Salin Artikel

Video Viral Kartu E-Toll Bisa Kedaluwarsa, Begini Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video beredar di media sosial seorang pengemudi yang tidak bisa menggunakan uang elektronik (e-Toll) ketika hendak keluar dari ruas tol. Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @campercar.id, Selasa (7/9/2021).

Padahal, saat itu saldo e-Toll miliknya masih mencukupi, namun dianggap telah melewati batas waktu tempuh maksimal tol tersebut.

“Gara-gara ketiduran, karena capek perjalanan antarprovinsi, e-Toll kedaluwarsa,” tulis caption dalam video tersebut.

Belum diketahui di mana kejadian itu terjadi. Namun, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Danang Parikesit mengatakan, kondisi tersebut terjadi karena ruas tol memiliki sistem untuk memonitor durasi perjalanan para pengguna jalan tol. Seperti yang terjadi di ruas tol Cipularang beberapa waktu lalu.

Maka, walaupun pengemudi sudah melewati batas waktu, e-Toll akan tetap bisa digunakan. Hanya saja memang ada imbauan terkait waktu tempuh maksimum di tol, seperti tol Cipularang yang ditentukan berdasarkan 1,5 sampai dengan 2 kali waktu tempuh normal.

“Bila pengguna jalan melebihi durasi perjalanan maksimum, maka uang elektronik tetap ditransaksikan oleh petugas di reader GTO. Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan uang elektronik yang sama dan dapat menggunakan kartu, dalam batas wajar, tanpa kekhawatiran menjadi expired,” ujar Danang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/08/132100915/video-viral-kartu-e-toll-bisa-kedaluwarsa-begini-penjelasannya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.