Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Coba Ganjil Genap di Puncak Efektif, Polres Bogor Bakal Evaluasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor mengklaim uji coba ganjil genap nomor kendaraan di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat berdampak signifikan meski kepadatan masih terjadi di kawasan Gunungmas, Minggu (5/9/2021).

Berdasarkan data kepolisian, dari arah Jakarta menuju Bogor yang keluar dari Gerbang Tol Ciawi di hari kedua uji coba, Sabtu (4/9/2021) mencapai 39.654 unit kendaraan.

Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan satu pekan sebelumnya, mencapai 43.236 unit kendaraan. Sebab kala itu, aturan serupa belum diterapkan tetapi PPKM Level 3 sudah diberlakukan.

"Selisih 3.602 kendaraan saat diberlakukan uji coba ganjil genap. Itu sesuai dengan data kendaraan dari Jakarta yang keluar Gerbang Tol Ciawi," ucap Kapolres Bogor AKBP Harun, (5/9/2021).

Menurutnya, pengurangan kendaraan di Jalan Raya Puncak lebih signifikan, karena kendaraan yang keluar dari Tol Ciawi banyak diputar balik.

"Belum lagi sepeda motor yang diputar balik. Itu belum masuk hitungan kita," jelas Harun.

Sehingga, pihaknya bersama Dishub dan Pemda akan melakukan kajian ulang untuk aturan ganjil genap di kawasan Puncak, Jawa Barat.

Diketahui, Polres Bogor menyiapkan tujuh titik pemeriksaan ganjil genap, yakni, pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan dan dua lokasi di Kawasan Sentul.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/06/071200215/uji-coba-ganjil-genap-di-puncak-efektif-polres-bogor-bakal-evaluasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke