Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitsubishi Xpander Mundur di Tanjakan Sitinjau Lauik

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan Mistubishi Xpander yang kesulitan menanjak di tikungan Sitinjau Lauik, di Sumatera Barat yang terkenal sukar.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Indocarstuff, mobil mengalami spin sehngga ban depan berputar di tempat sampai mengeluarkan kepulan asap.

Setelah mobil sempat mundur, mobil berwana hitam tersebut akhirnya bisa menanjak dengan cara ancang-ancang lebih baik dan mengubah sudut kemiringan saat belok.

"Sehingga yang seharusnya ban depan mendapat traksi, hilang akibat dari beban berpindah ke belakang di posisi tanjakan," katanya kepada Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Untuk itu kata Sony, di posisi tanjakan plus belokan pengemudi harus melihat faktor sudut jalan, serta kondisi aspal jalan kering atau basah.

"Jadi untuk meminimalisir gagal menanjak dibutuhkan momen atau ancang-ancang dari bawah sebelumnya, sehingga traksi ban terbantu. Ini sebaiknya melebar untukk mencari sudut yang lebih landai," katanya.

Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, mengatakan, kunci utama saat mengemudikan mobil pada jalan menanjak adalah, menjaga momentum dari laju kendaraan.

"Intinya pada momentum, tapi dari awal saat akan menanjak juga harus mempersiapkan kuda-kuda dari tuas transmisi," ucap Suparman.

Untuk mobil transmisi matik, walau dalam beberapa kasus cukup diletakan di D, tapi ada baiknya diturunkan ke posisi yang rendah seperti 3 dan 2, bahkan 1 atau L bila memang curam.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/24/142651215/mitsubishi-xpander-mundur-di-tanjakan-sitinjau-lauik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke