Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bantu Percepatan Penanggulangan Covid-19, Astra Donasi 5 Ambulans

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup Astra melalui Nurani Astra menyerahkan bantuan fasilitas kesehatan lima unit ambulans kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat pada masa pandemi.

Dilaksanakan oleh Direktur Astra Gita Tiffani Boer kepada Kepala BNPB Ganip Warsito pada Minggu (8/8/2021), kendaraan terdiri dari empat unit Daihatsu GranMax Ambulance dan satu unit Toyota Kijang Innova.

“Kami mengapresiasi kepedulian dan kontribusi Grup Astra untuk menambah jumlah fasilitas transportasi kesehatan bagi para pasien Covid-19 yang membutuhkan penanganan dengan cepat,” kata Ganip dalam keterangannya.

Dalam seremoni ini, turut hadir CEO PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) Rudy Chen, Finance Administration and Logistics Support Director PT Toyota-Astra Motor Suranywaty Tjandrasa, dan beberapa eksekutif Grup Astra.

Perusahaan yang berkontribusi dalam pengadaan ambulans ini, yaitu PT Astra International Tbk sebanyak dua unit, Asuransi Astra sebanyak dua unit, dan Toyota-Astra Motor sebanyak satu unit.

Penyerahan ambulans tersebut merupakan kelanjutan rangkaian bantuan terkait penanggulangan COVID-19 dari Grup Astra mulai tahap pertama pada Maret 2020 hingga ketujuh pada Juli 2021 senilai total Rp 200 miliar.

Perseroan bekerja sama dengan berbagai institusi seperti BNPB, Kementerian Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI), Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, dan sebuah yayasan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Untuk memperkuat rangkaian penyaluran bantuan tersebut, perusahaan-perusahaan Grup Astra sejak Maret tahun lalu juga turut aktif berkontribusi menyerahkan berbagai bantuan untuk mendukung pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan.

Salah satunya berasal dari Asuransi Astra, perusahaan asuransi umum sebagai bagian dari Astra Financial dan anak perusahaan Grup Astra, juga turun tangan memberikan peace of mind di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Seperti, ikut berkontribusi dalam memberikan ventilator, ambulans dan penyaluran dana sosial peserta Asuransi Astra syariah dengan total nilai Rp 2 miliar pada tahun 2020 dalam bentuk bantuan sembako.

Program kampanye sosial #MaskerTemanTuli Asuransi Astra juga berhasil mendonasikan 6.400 masker Teman Tuli, 1.100 paket sembako di 24 kota, beasiswa dan laptop untuk SLB B Sana Dharma, sekolah bagi anak yang memiliki kekurangan dalam indra pendengaran atau tunarungu.

Toyota Astra Motor juga telah menyalurkan donasi cepat tanggap berupa 300 tabung oksigen beserta portable bed, oximeter, paket alat pelindung diri level tiga, vitamin, dan suplemen senilai Rp 1,55 miliar untuk enam rumah sakit yang tersebar di empat provinsi.

Sebelumnya, ada juga bantuan berupa tiga unit Toyota Kijang Innova ambulans melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bagi Dinas Kesehatan Papua, serta satu unit Toyota Kijang Innova ambulans untuk PMI pusat.

Bantuan yang telah diberikan tersebut berupa unit kendaraan, ambulans, berbagai perlengkapan medis ruang intensive care unit dan high care unit, ventilator, multi-slice computed tomography scan, alat uji tes, alat pelindung diri, masker, dan paket bahan pokok makanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/09/135034315/bantu-percepatan-penanggulangan-covid-19-astra-donasi-5-ambulans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke