Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Menarik Paruh Pertama MotoGP 2021, Ada Pebalap yang Tewas

Seri berikutnya atau seri kesepuluh yaitu GP Styria akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Menyusul kemudian pekan setelahnya di tempat sama di GP Austria.

Selama sembilan seri ada beberapa kejadian menarik di MotoGP mulai kemenangan Marc Marquez di GP Jerman hingga tim besutan Valentino Rossi resmi jadi tim satelit Ducati.

Selain kabar baik ada juga kejadian yang membawa duka. Pebalap Moto3 yaitu Jason Dupasquier meninggal dunia akibat kecelakaan saat kualifikasi Moto3 GP Mugello.

Pebalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo menjadi pebalap yang paling banyak menang selama paruh pertama musim 2021.

Tercatat Quartararo menang empat kali, yaitu di MotoGP Doha, Portugal, Italia dan Belanda. Pebalap kedua terbanyak menang ialah Jack Miller yang menang dua kali di MotoGP Jerez dan Perancis.

Saat ini Quartararo berada di puncak klasemen dengan total 156 poin. Quartararo unggul dari Johann Zarco dengan selisih 34 poin di posisi kedua.

Peringkat ketiga ditempati oleh Francesco Bagnaia yang berhasil menggeser rekan setimnya sendiri, Jack Miller. Bagnaia sudah mengantongi 109 poin.

2. Marc Marquez menang di GP Jerman

Marc Marquez membuktikan dirinya sebagai Raja Sachsenring dengan menang di MotoGP Jerman.

Selama karirnya Marc berhasil 10 kali menang di Sirkuit Sachsenring. Tujuh di antaranya di kelas MotoGP. Dua saat masih Moto2 dan satu kemenangan di kelas 125 cc.

Kemenangan di GP Jerman merupakan kemenangan manis buat Marc. Kemenangan pertamanya setelah absen satu musim setelah cedera akibat kecelakaan di GP Jerez, Juli 2020.

"Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mencoba (raih kemenangan)," kata Marc dikutip dari Tuttomotoriweb.it.

Selain itu, hasil kemenangan Marc ini juga menjadi kemenangan pertama buat tim Repsol Honda. Tim pabrikan Honda itu terakhir memenangkan seri MotoGP pada seri Valencia 2019.

3. VR46 Racing jadi tim satelit Ducati

Aramco Racing Team VR46 resmi menandatangani kontrak dengan Ducati. Tim asal Italia itu meneken kontrak selama tiga tahun mulai 2022-2024.

Selain itu, tim besutan Valentino Rossi tersebut juga resmi menandatangani kontrak dengan Dorna Sports untuk berpartisipasi di MotoGP selama lima tahun.

General Manager Ducati Corse, Luigi Dall'Igna, mengatakan, pihaknya senang bisa mengumumkan kemitraan ini. Pengalaman VR46 di Moto2 dan Moto3 merupakan modal yang sangat baik buat tim.

"Kami sangat senang telah mencapai kesepakatan ini dengan VR46 untuk tiga tahun ke depan. VR46 Riders Academy selalu bekerja dengan serius dan dengan profesionalisme yang luar biasa, memberi banyak pebalap kesempatan," kata Dall'Igna mengutip Crash.net.

4. Maverick Vinales pisah dari Yamaha

Yamaha mengumumkan Vinales akan pisah musim depan. Perpisahan ini merupakan permintaan dari Vinales. Keduanya setuju untuk mengakhiri kerja sama setelah lima musim.

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengatakan, sedih untuk mengucapkan perpisahan pada Maverick pada akhir tahun ini. Selama lima musim bersama, banyak prestasi yang sudah diraih, tapi juga banyak masa-masa terpuruk.

"Setelah GP Jerman, yang merupakan akhir pekan tersulit dari kerja sama kami, kami mengadakan diskusi penting di Assen dan mendapat kesimpulan bahwa kedua pihak sepakat untuk berpisah," ujar Jarvis.

5. Jason Dupasquier Meninggal

Kecelakaan tragis hingga merenggut nyawa terjadi lagi di MotoGP. Kali ini, pada kelas Moto3, yang menimpa pebalap muda,

Jason Dupasquier, pebalap Moto3 asal Swiss meninggal dunia akibat kecelakaan saat menjalani sesi kualifikasi Q2 pada seri keenam Moto3 Italia 2021 di Sirkuit Mugello, Sabtu (29/5/2021).

Jason terjatuh dan dihantam lagi pada bagian kepala dan leher. Dia pun harus dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan intensif. Jason menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit saat balapan Moto2 digelar, Minggu (30/5/2021).

Semua pebalap yang ada di tiap kelas, baik Moto3, Moto2, dan MotoGP, mengucapkan bela sungkawa atas kehilangan pebalap muda ini.

Jelang balapan kelas MotoGP, Dorna Sports beserta seluruh tim dan pebalap juga mengheningkan cipta untuk mengenang sosok Jason.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/04/084100715/5-fakta-menarik-paruh-pertama-motogp-2021-ada-pebalap-yang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke