Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Jitu Atasi Masalah Bensin Basi pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang ditinggal dalam waktu yang lama dapat membuat bensin di dalam tangkinya mengalami perubahan. Kondisi ini banyak disebut dengan bensin basi.

Bensin basi dapat berdampak buruk pada performa mobil. Sebab, akan membuat fuel pump atau pompa bensin akan terhambat. Maka itu, mesin jadi tersendat-sendat atau brebet.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, jika di dalam tangki sudah terjadi bensin basi, sebaiknya lakukan pengurasan tangki.

Tapi, sebagian orang mungkin kesulitan untuk membawa mobil tersebut ke bengkel atau memiliki dana terbatas untuk menyewa mobil derek. Untuk itu, pengurasan tangki juga bisa dilakukan sendiri.

"Namun, sekarang tangki bensin tidak ada untuk menguras. Jadi, harus dihisap atau disedot menggunakan selang yang panjang, tapi diameternya kecil," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, bisa saja menguras tangki bahan bakar sendiri jika punya kemampuan dan peralatannya.

"Namun, karena ini berhubungan dengan cairan yang mudah terbakar, sebaiknya dilakukan oleh orang yang profesional," kata Bambang.

Bambang menambahkan, untuk mencegah terjadinya bensin basi, sebaiknya tangki bahan bakar diusahakan harus dalam keadaan penuh ketika kendaraan ditinggalkan lama. Atau sebaliknya, dikosongkan saja.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/01/182100915/tips-jitu-atasi-masalah-bensin-basi-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke