Salin Artikel

Kecelakaan Parah di Tol Solo-Semarang, Ingat Lagi Soal Blind Spot

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan nahas belum lama ini terjadi di ruas jalan Tol Semarang-Solo, Boyolali, Senin (21/6/2021). Kecelakaan tersebut diduga terjadi karena truk yang berpindah jalur.

Kanit Laka Satlantas Polres Boyolali Ipda Budi Purnomo, mengatakan, kecelakaan terjadi di jalan Tol Semarang-Solo, tepatnya di KM 484.900 Jalur A.

"Dugaan sementara karena truk yang berpindah jalur," ujar Budi, saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Menurut kronologi yang disampaikan Budi, truk tersebut menabrak Toyota Innova yang ada di lajur 2. Beberapa saat kemudian, Daihatsu Agya yang berjalan di lajur 2 tertabrak dari belakang oleh Hyundai Avega.

Hyundai Avega tersebut terlempar ke kanan, menabrak pembatas jalan, dan menabrak Toyota Innova yang sudah mengalami kecelakaan sebelumnya.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, saat berkendara di antara kendaraan besar seperti truk dan bus maka diusahakan pengemudi bisa melihat spion truk maupun bus.

“Bila kita masih bisa melihat spion truk atau bus maka si pengemudi juga bisa melihat kita. Tapi lebih aman mendahuluinya dan jangan beriringan,” ujar Marcell, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, mengatakan, dimensi kendaraan akan berpengaruh terhadap titik buta kendaraan tersebut.

“Semakin besar dimensi kendaraan, maka akan semakin besar blind spotnya," katanya.

Sony menambahkan, truk dengan dimensi besar seperti tronton atau dump truck ada empat titik blind spot.

Titik pertama ada di bagian belakang (jika terdapat banyak muatan), sehingga spion tengah tidak terlihat apapun. Kedua, berada di sisi depan tepat di bawah jendela utama (windshield). Ketiga dan keempat adalah sisi kanan dan kiri yang di luar jangkauan spion di kedua sisi pilar A kendaraan.

"Artinya tidak disarankan untuk dekat-dekat dengan kendaraan besar seperti truk, bus, dan kendaraan sejenisnya,” ucapnya.

Kecelakan tersebut mengakibatkan meninggalnya dua orang yang diketahui adalah mekanik balap. Keduanya dalam perjalanan pulang setelah mengikuti Putaran Pertama Kejurnas Oneprix 2021 di sirkuit Sentul Karting, Bogor, akhir pekan lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/21/170100515/kecelakaan-parah-di-tol-solo-semarang-ingat-lagi-soal-blind-spot

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.