Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Aturan Pemasangan Kaca Film di Mobil yang Benar

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film merupakan lapisan tambahan yang diterapkan pada kaca mobil untuk mengurangi hawa panas dari luar. Selain itu kaca film juga bermanfaat untuk menjaga privasi dan keamanan bagi pemilik kendaraan.

Oleh karena itu, pemasangan kaca film tidak boleh asal. Harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan demi kemanan pengemudi dan penumpang.

Penggunaan kaca film yang terlalu gelap akan mengurangi visibilitas pengemudi ke luar kendaraan dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Sedangkan jika terlalu terang akan memicu kejahatan karena beberapa oknum pencuri bisa mengamati barang yang ada di dalam mobil dengan leluasa. Jika tidak terparkir dengan aman maka barang akan mudah diambil oleh pencuri.

Aturan mengenai pemasangan kaca film pada mobil sudah diatur dalam Undang aundang Lalu Lintas dan Angkutan jalan (UU LLAJ) nomor 22 tahun 2009 dan PP Nomor 55 tahun 2012.

Sedangkan untuk teknisnya diatur pada Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada kendaraan Bermotor.

Dalam aturan tersebut ada beberapa pint penjelasan tentang aturan pemasangan kaca film pada mobil yakni sebagai berikut:

Pemasngan kaca film juga berpengaruh terhadap keselamatan dalam mengemudi. Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, penggunaan kaca film pada mobil tidak boleh sembarangan, hal itu juga berpengaruh kepada keselamatan dalam mengemudi.

"Pada saat mengemudi ada faktor-faktor yang dapat menggangu konsentrasi pada saat mengemudi, terutama pandangan. Penggunaan kaca film yang terlalu gelap akan mengganggu vibilitas pengemudi terutama pada saat hujan deras atau malam hari," kata Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Pemasangan kaca film dengan kualitas bagus juga akan meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Pasalnya, kaca film dengan kulaitas bagus akan terlihat gelap dari luar dan akan terlihat terang jika di lihat dari dalam.

Hal ini dapat menghindari resiko pencurian, pandangan pengemudi (visibilitas), dan juga sebagai alat untuk menjaga privasi di dalam kabin mobil terutama jika perempuan yang ada di dalam mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/14/081200215/ini-aturan-pemasangan-kaca-film-di-mobil-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke