Salin Artikel

Truk Mengalami Pecah Ban, Begini Prosedur Mengamankannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Truk yang mengalami pecah ban ketika sedang beroperasi bisa dibilang suatu hal yang mengerikan. Beban truk yang besar membuatnya sulit dikendalikan ketika mengalami pecah ban.

Bagi para pengemudi truk, jangan sampai ketika mengalami pecah ban merasa panik dan tidak bisa mengendalikan truknya. Bisa-bisa saat truk tidak terkendali, bisa merugikan pengguna jalan lain karena tertabrak.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan, ada prosedur penangan ban truk pecah sehingga aman dan tidak merugikan pengguna jalan lain.

Dalam materi bimbingan teknis yang dibagikan Wildan, Sabtu (29/4/2021), ada beberapa prosedur yang harus diketahui pengemudi jika mengalami pecah ban. Pertama, jangan panik dan tetap kendalikan kemudi.

Kedua, jangan melakukan pengereman mendadak, menginjak kopling, maupun memindahkan gigi transmisi ke posisi netral. Ketiga, lepaskan pedal gas sehingga kecepatan berangsur-angsur turun karena mengandalkan engine brake.

Terakhir, arahkan kendaraan ke tempat yang aman dan berhenti. Jika sudah aman, pengemudi bisa mengganti bannya dengan yang baru atau menunggu bantuan dari petugas yang ada di jalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/31/110200315/truk-mengalami-pecah-ban-begini-prosedur-mengamankannya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.