Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nyicil Beli Ban Mobil, Dahulukan buat Ban Belakang

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah satu bagian penting dari kendaraan bermotor. Ban berfungsi sebagai penopang beban kendaraan, penggerak kendaraan, serta membantu handling kendaraan.

Pada saat melakukan penggantian ban, terkadang pemilik kendaraan tidak menggantinya secara bersamaan keempat ban mobil.

Ada yang menggantinya hanya dua ban dengan alasan lebih hemat biaya atau memang karena ban yang lainnya masih dalam kondisi bagus.

Pada saat melakukan penggantian ban, sebaiknya ban yang baru di pasang di bagian depan atau belakang?

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, menjelaskan sebaiknya penggantian ban yang memiliki performa lebih bagus dipasang di bagian belakang.

"Sesuai rekomendasi untuk safety pengendaraan sebaiknya ban baru yang memiliki performa lebih bagus dipasangkan di belakang tanpa melihat penggerak rodanya," kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (29/5/2021).

Penggunaan ban dengan performa bagus di belakang bukan tanpa alasan. Hal ini dilakukan untuk menghindari oversteer karena ban yang baru memiliki grip yang lebih bagus.

"Ban baru kalau ditaruh di depan maka dapat menyebabkan oversteer, jadi kalau kita belokkan sedikit itu responsnya bisa lebih dan malah membahayakan," ucap Zulpata.

Hal tersebut dibenarkan juga oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Penggantian ban jika tidak bersamaan keempatnya maka yang lebih bagus ditempatkan di roda belakang.

"Soalnya kan ban belakang itu statis ya, diam, kalau ban depan kan bisa di handlling. Nah kalau misalkan roda belakang aus atau sudah tipis kan susah dikendalikan sedangkan roda depan masih bisa dikendalikan dengan setir," kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (29/5/2021).

Sedangkan jika ingin melakukan rotasi ban sebaiknya dilakukan secara menyilang. Dalam artian ban belakang kiri jika akan dipindah ke depan maka pindahkan ke bagian depan kanan, begitu juga sebaliknya.

"Kalau rotasi itu setiap ban ada yang beda juga, tapi itu di buku pedoman pemilik atau buku manual juga sudah ada penjelasannya," kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/30/100100615/nyicil-beli-ban-mobil-dahulukan-buat-ban-belakang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke