Salin Artikel

Bukan Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Stabilizer Setang

JAKARTA, KOMPAS.com - Stabilizer umumnya dipakai oleh motor sport atau di arena balap untuk menyerap getaran.

Namun, kini tak jarang juga motor-motor harian yang sudah dilengkapi stabilizer bawaan pabrik dengan berbagai tujuan.

Sayangnya, beberapa pemilik sepeda motor yang kurang mengerti menganggap bahwa komponen ini hanya berfungsi sebagai aksesori penambah estetika motor. Padahal, stabilizer setang memiliki fungsi yang cukup penting.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, fungsi utama dari stabilizer atau jalu setang adalah untuk menjaga kestabilan kemudi setang akibat getaran dari jalan.

“Selain itu, stabilizer juga berfungsi untuk meredam getaran setang kemudi dan mengurangi dampak pada motor saat kecelakaan,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Sementara itu, Kepala Bengkel Daya Motor Cibining Asep Suherman menambahkan, tak banyak pemilik motor yang paham akan fungsinya. Saat mengganti setang tidak dipasang, atau malah sengaja di copot.

Pada dasarnya, motor yang dikeluarkan oleh APM telah melalui berbagai proses pengecekan dan keamanan untuk digunakan oleh konsumen. Karena itu tambahan apapun di luar itu sebaiknya tidak merugikan.

“Jika motor terjatuh, komponen tersebut akan menumpu pada aspal atau permukaan jalan. Sehingga, meminimalisir kerusakan pada komponen setang kemudi langsung atau bodi motor,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/28/141200815/bukan-sekadar-aksesori-ini-fungsi-stabilizer-setang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.