Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sensasi di Balik Kemudi Daihatsu Sirion Facelift

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain eksterior dan interior, sisi performa Daihatsu Sirion facelift 2020 juga tak berubah. Meski kini mengusung tema yang lebih mudah, tapi urusan dapur pacu sama dengan versi sebelumnya.

Mengaplikasi mesin 1NR-VE Dual VVT-i dengan kubikasi 1.300 cc, sebagai sebuah mobil perkotaan, Sirion memiliki tenaga di atas kertas sebesar 95 tk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 122 Nm.

Tenaganya disalurkan melalui sistem transmisi otomatis konvensional yang sama dengan pendahulunya. Hanya saja kini posisi tuas dibuat lebih familiar.

Bicara soal sensasi, karena mengusung mesin yang serupa bisa dipastikan tak jauh berbeda. Tarikan pada putaran bawah dalam kategori yang cukup namun kini dirancang lebih soft sehingga minim hentakan yang menggangu kenyamanan.

Mengendari Sirion di jalur Ibu Kota harus diakui cukup fun to drive, dengan torsi yang lumayan membuat mobil asal Malaysia ini asik ketika menghadapi kondisi stop n go. Dimensinya yang compact juga membuat Sirion lincah menyelinap di jalur kemacetan.

Sementara ketika di ajak tancap gas melewati jalur bebas hambatan alias jalan tol, putaran tenaga cenderung tertahan ketika pedal gas langsung di kickdown.

Meski demikian, bukan berarti loyo, justru kami merasa pada putaran tenaga di tengahnya lebih baik dari veris sebelumnya. Meski memang terasa lebih lambat.

Bahkan ketika kami mengujinya dengan race logic, Sirion mampu berakselerasi dari titik diam sampai 60 kpj dalam waktu 07,5 detik. Sementara untuk mencapai 100 kpj, dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, yakni 18,1 detik.

Walau demikian, hal ini cukup wajar mengingat statusnya sebagai mobil kota yang juga fokus pada sisi efesinsi bahan bakar serta kenyamanan bagi penumpangnya.

Secara keseluruhan, bicara soal sensasi berkendara, Sirion facelift 2020 masih cukup fun to drive. Meski performanya tak sebaik dengan kompetitornya, tapi dari sisi handling, sampai kenyamanan tak kalah untuk diperhitungkan.

Apalagi kini secara tampilan pun Sirion punya tongkrongan yang lebih sporty dan stylish, sesuai dengan pasarnya yang mengincar anak mudah dengan mobilitas tinggi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/22/153200815/sensasi-di-balik-kemudi-daihatsu-sirion-facelift

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke