Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Aksi Pejalan Kaki Injak Jok Motor yang Berhenti di Zebra Cross | Apa Pengertian dari Long Lap Penalty di MotoGP?

JAKARTA, KOMPAS.com - Video pejalan kaki yang menyeberangi jalan dengan naik menginjak jok motor yang berhenti di tengah zebra cross viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Instagram @otomtalk, Minggu (16/5/2021).

Video tersebut menyadarkan pengguna jalan untuk berlaku disiplin dan berhenti di tempat yang sudah disediakan tanpa mengambil hak para pejalan kaki.

Selain artikel soal pejalan kaki yang naik ke jok motor yang melanggar, ada juga berita soal pengertian dari long lap penalty yang diberikan kepada Jack Miller dan Fabio Quartararo pada MotoGP Perancis.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima artikel terpopuler di kanal Kompas Otomotif pada hari Senin (17/5/2021).

1. Aksi Pejalan Kaki Injak Jok Motor yang Berhenti di Zebra Cross

Video pejalan kaki yang menyeberangi jalan dengan naik menginjak jok motor yang berhenti di tengah zebra cross viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Instagram @otomtalk, Minggu (16/5/2021).

Video tersebut menyadarkan pengguna jalan untuk berlaku disiplin dan berhenti di tempat yang sudah disediakan tanpa mengambil hak para pejalan kaki.

2. Hasil Klasemen Pebalap MotoGP 2021, Makin Ketat Quartararo dan Bagnaia

Finis di posisi ketiga di GP Perancis, membuat poin Fabio Quartararo bertambah. El Diablo kini kembali memimpin klasemen sementara MotoGP 2021.

Pebalap Monster Energy Yamaha itu kini mengoleksi 80 poin. Adapun Francesco Bagnaia turun satu peringkat ke posisi dua meski hanya selisih satu poin dengan jumlah 79 poin.

3. Quartararo dan Miller Dihukum, Ini Pengertian Long Lap Penalty

Ada dua pebalap yang mendapat hukuman Long Lap Penalty saat GP Le Mans, Perancis. Keduanya ialah Fabio Quartararo dan Jack Miller.

Quartararo salah kamar (paddock) saat mengganti sepeda motor dengan ban basah. Sedangkan Miller masuk area pit terlalu kencang. Alhasil keduanya harus melintasi area Long Lap Penalty atau LLP.

4. Kapan Bus AKAP Mulai Beroperasi Normal Lagi?

Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) merupakan salah satu moda transportasi umum yang pergerakannya dibatasi.

Berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan RI Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, ada larangan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi yang digunakan untuk keperluan mudik.

Pada Pasal 1 Ayat 3, menuliskan kalau larangan penggunaan atau pengoperasian sarana transportasi mulai berlaku pada tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Namun selain untuk keperluan mudik, bus AKAP tetap boleh beroperasi.

5. Pakai Mesin Turbo, Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur 2022

Bocoran soal kehadiran Suzuki Jimny dalam versi melar, yakni 5 pintu makin menguat. Bahkan kabar terkini mengatakan bila SUV 4x4 legendaris itu bakal meluncur pada 2022 mendatang.

Mengutip Motor1, salah satu pejabat Suzuki mengatakan bila Jimny 5 pintu sebenarnya dijadwalkan untuk memulai debut perdana di Tokyo Motor Show (TMS) pada Oktober 2021 mendatang.

Namun, karena pameran otomotif terbesar di Jepang itu batal lantaran pandemi Covid-19, maka peluncurannya mundur ke 2022.

Jimny lima pintu ini dikabarkan menggunakan nama Jimny Long, yang tak lain mewakilkan pertambahan dimensi terutama pada wheelbase sekitar 300 mm dari dari veris asli, atau yang dipasarkan saat ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/18/060200815/-populer-otomotif-aksi-pejalan-kaki-injak-jok-motor-yang-berhenti-di-zebra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke