Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menafsir Biaya Perawatan dan Perbaikan BMW Lawas

Setiap bulannya, para pemilik BMW klasik biasanya mengeluarkan kocek Rp 1 jutaan. Namun hal ini bisa berbeda jika keadaan mobil prima.

Gilang Budiman, pemilik showroom Karunia Panca Selaras di Blok M Mall, Jakarta Selatan mengatakan, servis mobil klasik tidak jauh berbeda dengan mobil biasa.

Namun ia mengatakan, jika sudah rusak mobil tersebut membutuhkan biaya perbaikan yang mahal.

“Jika sudah rusak menghabiskan biaya yang tidak sedikit, tapi tergantung dari apa yang rusak juga. Sebagai gambaran saya pernah perbaiki Seri 5 lawas, dan itu menghabiskan dana Rp 60 jutaan. Sudah bisa beli mobilnya lagi,” kata Gilang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Bila BMW klasik jarang digunakan, servis kecil biasanya dilakukan tiap tiga bulan. Sedangkan servis besar meliputi pengecekan mesin, elektrikal hingga cooling system dan tune up dilakukan setiap enam bulan sampai satu tahun sekali.

Menurut pengakuan Heru Kusuma Wjiaya, Ketua BMW Car Clubs Indonesia (BMWCCI) Jakarta Chapter, masalah yang sering muncul pada mobil klasik BMW itu adalah overheat, entah karena radiator, exhaust fan, water pump dan sebagiannya.

Untuk biaya servisnya pun beragam, tergantung pada kondisi mobil dan juga tipenya, namun biasanya berada direntang harga Rp 2 jutaan.

“Sedangkan mobil usia tua cooling system-nya juga berantakan, oleh sabab itu harus rajin diperhatikan dan servis berkala,” kata Heru.

Heru menambahkan, dalam melakukan servis rutin tersebut biasanya dilakukan bersama teman-teman komunitas.

“Sehingga pemilik mobil bisa belajar lebih jauh tentang kendaraannya dan harga servisnya juga bisa ditekan,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/11/172100115/menafsir-biaya-perawatan-dan-perbaikan-bmw-lawas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke