Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Terbakar di Kampung Melayu, Kenali Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video yang menampilkan sepeda motor tengah dilalap api di Kampung Melayu beredar di media sosial.

Video itu diunggah oleh akun instagram @jktinfo pada Rabu (5/5/2021). Dalam rekaman tersebut terlihat seorang pria yang berusaha memadamkan api pada sepeda motor dengan alat pemadam api ringan (APAR). Tak berselang lama api pun dapat dipadamkan.

Mengingat kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi, pengemudi sepeda motor sebaiknya selalu waspada dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab sepeda motor terbakar.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kemungkinan besar disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar pada tutup busi.

“Biasanya disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

“Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

Untuk menghindari hal ini, Ribut menyarankan pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan servis rutin kendaraannya.

“Servis rutin adalah solusinya, karena biasanya item pemeriksaan saluran bahan bakar sudah termasuk di dalamnya. Sehingga dapat terhindar dari risiko motor terbakar,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/06/132100915/motor-terbakar-di-kampung-melayu-kenali-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke