Salin Artikel

Motor Terbakar di Kampung Melayu, Kenali Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video yang menampilkan sepeda motor tengah dilalap api di Kampung Melayu beredar di media sosial.

Video itu diunggah oleh akun instagram @jktinfo pada Rabu (5/5/2021). Dalam rekaman tersebut terlihat seorang pria yang berusaha memadamkan api pada sepeda motor dengan alat pemadam api ringan (APAR). Tak berselang lama api pun dapat dipadamkan.

Mengingat kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi, pengemudi sepeda motor sebaiknya selalu waspada dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab sepeda motor terbakar.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kemungkinan besar disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar pada tutup busi.

“Biasanya disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

“Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

Untuk menghindari hal ini, Ribut menyarankan pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan servis rutin kendaraannya.

“Servis rutin adalah solusinya, karena biasanya item pemeriksaan saluran bahan bakar sudah termasuk di dalamnya. Sehingga dapat terhindar dari risiko motor terbakar,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/06/132100915/motor-terbakar-di-kampung-melayu-kenali-penyebabnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.