Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vespa Sprint Listrik Elders Garage di IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - IIMS Hybrid 2021 tak hanya memajang mobil dan sepeda motor baru, tapi juga menampilkan mobil dan motor custom karya para builder Tanah Air.

Salah satu yang mencolok ialah modifikasi Vespa klasik tepatnya Vespa Sprint 1967 yang sudah diubah alias dikonversi menjadi listrik karya Elders Garage, Jakarta.

Selain jantungnya milenial, tampilannya juga berubah drastis. Dapat dilihat batok lampu standar hilang, sepatbor depan minimalis, dan bodi belakangnya dipotong jadi tinggi.

Joknya dibuat ulang bertema cafe racer dengan ujung melancip ala buntut tawon. Makin menarik ialah motor tidak dicat dan dibiarkan menonjolkan bodi asli motor.

Sebagai pemanis diberikan grafis jilatan api warna biru di tepong kiri kanan. Tak lupa ada pelat nomor start "13" berbentuk bulat kecil di garpu depan.

Heret Frasthio, Co-Founder Elders Garage, mengatakan, Vespa listrik tersebut untuk memperkenalkan conversion kit yang nantinya akan dijual umum.

"Secara konsep sebetulnya kita bikin Vespa itu untuk akhirnya jual kit (perangkat). Kit itu kita namakan Elettrico Kit. Kit itu dari swingarm, baterai sampai motor listrik yang kita modifikasi untuk kebutuhan Vespa," kata Heret kepada Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Untuk itu mesin standar dan bagian-bagian lain yang tidak dibutuhkan tidak dipakai dan kemudian diganti dengan perangkat ubah daya tersebut.

"Overall mesin kita turunkan, semua diganti dengan dengan perangkat elektrik," kata Heret.

Untuk spesifikasi, dinamo atau motor listriknya berdaya 13kW. Catu daya disuplai dari baterai Panasonic Tesla 72V/24Ah. Motor dapat dipacu 75-80 kpj dengan jarak tempuh 60-75 km.

Adapun untuk daftar modifikasi eksteriornya yaitu suspensi depan punya Vespa Excel, suspensi belakang SIP, lampu depan custom, dan pelek 10 inci dibalut ban Mizzle.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/20/140100415/vespa-sprint-listrik-elders-garage-di-iims-hybrid-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke