Salin Artikel

Mengenal Sirkuit Baru Hongaria buat MotoGP 2023

DEBRECEN, KOMPAS.com - Hongaria resmi masuk kalender balap MotoGP 2023. Saat ini negara di Eropa tengah tersebut sedang mempersiapkan pembangunan sirkuit baru.

Sirkuit baru tersebut bernama Magyar Nemzetközi Motodrome. Lokasinya di dekat Debrecen, kota kedua terbesar di Hongaria. Dua jam perjalanan darat dari Budapest.

Sirkuit Magyar Nemzetközi Motodrome akan menggantikan Sirkuit Hungaroring yang terakhir menjadi ruan rumah Grand Prix pada 1992.

"Apa yang terjadi di sini adalah sesuatu yang istimewa. FIM mengikuti hal ini dengan cermat. Saya pikir, ini akan menjadi salah satu trek terbaik di dunia," kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta Mengutip Motorsport-Total, Selasa (23/3/2021).

Sirkuit akan dibuat untuk homologasi Formula 1 dan MotoGP. Pembangunannya dikerjakan perusahaan asal Italia yang sudah sering bekerjasama dengan Dorna Sports.

Sirkuit memiliki panjang 5 km dan memiliki 15 tikungan. Sirkuitnya tidak rata tapi ada level tanah naik turun, tikungan-tikungannya juga cukup menatang.

Para desainer terinspirasi dari beberapa sirkuit yang sudah ada seperti Sirkuit Assen, Belanda yang lama, Suzuka Jepang, Termas de Rio Hondo Argentina, dan Phillip Island Australia.

Biaya pembangunan akan menelan dana 65 miliar forint atau setara 188 juta euro. Konstruksi akan dimulai pada kuartal kedua 2021.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/23/164100715/mengenal-sirkuit-baru-hongaria-buat-motogp-2023

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.