Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Mulai Gunakan Holeshot Device pada Suspensi Depan dan Belakang

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan holeshot device atau alat bantu start sudah banyak diaplikasikan oleh beberapa pabrikan. Pada sesi tes pra-musim di Qatar beberapa hari lalu, Honda terlihat juga menggunakannya.

Hal tersebut diketahui dari video yang diunggah oleh Pol Espargaro di akun Instagram miliknya. Dalam video tersebut, terlihat dirinya sedang latihan start.

Saat sedang berhenti, Pol menekan rem depan hingga suspensi depan terkunci. Tak lama kemudian, suspensi belakang turun secara otomatis dan terkunci.

Dengan begitu, traksi pada kedua ban tetap optimal dan tenaga yang tersalurkan dari mesin pun juga maksimal. Sebab, ban depan terdeteksi masih menyentuh aspal.

Dikutip dari Crash.net, Senin (15/3/2021), Honda sebenarnya juga pernah bereksperimen dengan alat serupa di MotoGP sekitar 12 tahun yang lalu. Namun, alat tersebut memiliki kelemahan.

Dari sisi keamanan, alat tersebut tidak bisa digunakan di segala kondisi. Jika di motocross, pebalap melakukan start dengan posisi yang sejajar.

Sementara di MotoGP, jika start pada posisi keempat, dan di depan ada pebalap, maka pengguna alat ini harus bisa menghindari pebalap tersebut selepas start. Itulah alasannya mengapa Ducati dan Yamaha menempatkan Holeshot Device pada suspensi belakang.

Direktur Honda Racing Corporation (HRC) Tetsuhiro Kuwata, mengatakan, Honda selalu melakukan penelitian terhadap teknologi seperti itu. Namun, jika menurut Honda alat bantu start tersebut belum benar-benar memberikan keuntungan, maka tidak akan digunakan.

"Tapi, jika kami tidak yakin, kami akan terus mengembangkan sistemnya. Kami juga tidak tahu kapan akan bisa menggunakannya. Tapi, kami juga mempertimbangkan mengenai alat tersebut," ujar Kuwata, saat ditanya Kompas.com, di sela-sela presentasi Repsol Honda Team, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam unggahannya, Pol juga menyebutkan bahwa motornya mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu sekitar 2,4 detik hingga 2,6 detik.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/16/084200815/honda-mulai-gunakan-holeshot-device-pada-suspensi-depan-dan-belakang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke