Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Kecil Tergilas Mobil, Waspada Momok Blind Spot Saat Mengemudi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini ada video yang menunjukkan pengemudi yang menabrak dan melindas anak kecil diunggah oleh akun Warung Jurnalis via Instagram. Mobil ingin keluar dari parkir dan menabrak anak kecil yang sedang bermain di dekatnya.

Sang anak tergilas mobil, karena masuk ke dalam titik buta atau blind spot dari pengemudi. Anak kecil yang berada di dekat bumper depan jadi tidak terlihat dan tersenggol sampai jatuh dan tergilas.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, kejadian seperti tadi terjadi karena dia lupa memastikan jalan yang dituju itu aman. Kondisi ini memang sering dan biasa dilupakan oleh pengemudi mobil.

“Ini si pengemudi tidak memastikan anak-anak menghindar dari jalan. Misalnya bisa dengan klakson atau membuka kaca sambil mengeluarkan kepala, meminta anak tadi minggir,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Kamis (28/1/2021).

Selain itu, pengemudi tadi bisa saja merasa kalau anak-anak tadi pasti minggir saat mendengar mesin mobil menyala. Tetapi, persepsi ini yang bisa membuat orang lupa untuk mengecek kondisi jalan di depannya sebelum menjalankan mobil.

“Kita harus persiapkan yang terburuk. Belum tentu semua anak melihat mobil tersebut keluar, seperti yang terjadi di video,” kata Marcell.

Terakhir, Marcell mengatakan, blind spot di depan dan belakang mobil merupakan penyebab celaka utama saat berjalan pelan. Jadi sebelum masuk ke mobil, sebaiknya cek kondisi di sekitar mobil dengan mengitarinya, melihat ada risiko bahaya apa saja.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/29/100200615/anak-kecil-tergilas-mobil-waspada-momok-blind-spot-saat-mengemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke