Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Jaga Jarak Aman Saat Mengemudi Itu Menguntungkan?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna jalan di Indonesia, masih banyak yang masih mengabaikan berkendara dengan aman. Salah satu cara mudah untuk berkendara aman, adalah dengan selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depan.

Jaga jarak aman ini bukan hanya berlaku untuk mobil, melainkan juga pengendara motor. Masih sering terlihat, ketika mobil sedang berjalan, mereka tidak menjaga jarak aman, bahkan terlihat mepet dengan kendaraan di depannya.

Kebiasaan menjaga jarak ini perlu dilakukan oleh semua pengguna jalan. Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa keuntungan saat menjaga jarak aman ketika mengemudi.

“Pertama, kita akan memiliki jarak reaksi dan jarak berhenti yang cukup. Sehingga kita bisa berhenti tepat waktu dan jarak. Dengan jarak berhenti yang tepat, pengemudi tidak menabrak mobil di depannya,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Selain mencegah menabrak kendaraan yang ada di depan, menjaga jarak aman juga menghindari kita dari peristiwa tabrak belakang. Karena dengan menjaga jarak aman, maka ketika mobil di depan melakukan pengereman, kita bisa lebih halus mengeremnya.

“Jadi kalau ada orang yang tidak menjaga jarak aman di belakang kita, dia akan tidak kaget jika kita mengerem dengan halus,” kata Marcell.

Selain itu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, jarak aman mengikuti kendaraan tidak hanya soal berapa meter, tetapi kombinasi antara waktu reaksi manusia dan waktu reaksi mekanikal jika dalam kondisi ideal. Jika tidak ideal, ditambah sekitar 0,5 sampai 1 detik.

“Waktu reaksi manusia sekitar 1 sampai 1,5 detik. Sedangkan reaksi mekanikal, 0,5 sampai 1 detik. Jadi menjaga jarak aman sekitar tiga detik dengan kendaraan di depannya,” kata Jusri kepada Kompas.com.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/23/094200115/mengapa-jaga-jarak-aman-saat-mengemudi-itu-menguntungkan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke