Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Dinas Jokowi Terabas Banjir | Banyak Kendaraan Pakai Pelat Nomer Palsu

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan secara langsung ke sejumlah lokasi yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan dalam beberapa hari terakhir.

Jokowi menggunakan Toyota Land Cruiser 200 sebagai mobil dinas untuk melintasi jalur darat sebagaimana tangkapan layar yang diperoleh tim Kompas.com.

Kemudian, rombongan mengikutinya dengan menggunakan sport utility vehicle (SUV) Toyota Land Cruiser Prado. Tentu, pemilihan kendaraan tersebut seiring dengan medan jalan dan kondisi di wilayah terkait.

Selain itu, yang tak kalah menariknya lagi soal PPnBM baru berlaku tahun ini.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa 18 Januari 2021.

1. PPnBM Baru Berlaku Tahun Ini, Honda Brio Mau Bertahan Populer

Pemerintah akan merealisasikan harmonisasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun ini sesuai dengan mandat yang tertera pada Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2019.

Bila ditetapkan, maka mobil murah alias LCGC tidak lagi mendapatkan keistimewaan pajak digantikan oleh mobil listrik berbasis baterai.

Kendati demikian, Honda Indonesia mengaku tidak begitu gusar dengan popularitas Brio yang tengah mengalami peningkatan selama 2020 dan terus jadi tulang punggung penjualan Honda di dalam negeri.

2. Banyak Kendaraan Pakai Pelat Nomor Palsu untuk Akali Tilang Elektronik

Kejadian salah sasaran pemberian sanksi tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) sudah beberapa kali terjadi.

Salah satunya seperti yang dialami oleh salah seorang anggota DPRD Kabupaten Sragen, Bambang Widjo Purwanto beberapa waktu lalu.

Mobil miliknya mempunyai pelat nomor yang sama dengan pengendara lain yang tertangkap melakukan pelanggaran di wilayah DKI Jakarta.

3. Penumpang Perokok yang Semakin Terkucil di Bus AKAP

Pada bus yang sudah full AC, beberapa PO masih menyediakan satu ruang khusus bagi para perokok.

Biasanya, smoking room ini ada di bagian belakang bus. Ada sekat pemisah antara smoking room dengan kabin penumpang yang memakai pendingin ruangan. Dengan adanya sekat ini, asap rokok tidak mengganggu penumpang lain.

Namun saat ini, smoking room yang ada di bus mulai dibuat lebih kecil daripada sebelumnya. Jika dahulu masih disediakan kursi, sekarang ada smoking room yang hanya bisa digunakan sambil berdiri.

4. Pajero Sport Terbaru Sudah Meluncur di Thailand, Indonesia Kapan?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengklaim sudah menyiapkan produk baru yang akan diluncurkan sepanjang 2020. Salah satunya adalah versi penyegaran atau facelift dari Mitsubisihi Pajero Sport.

Versi tersebut sejatinya sudah lebih dulu meluncur untuk pasar Thailand di penghujung 2019 lalu, dan Indonesia dijadwalkan akan mendapatkan unitnya pada tahun selanjutnya. Namun, rencana tersebut harus tertunda akibat pandemi virus corona (Covid-19).

5. Sudah di Indonesia, Kapan Honda Luncurkan City Hatchback?

Setelah kemunculannya terdeteksi beberapa waktu lalu, akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) buka suara soal kehadiran City Hatchback di Tanah Air.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengakui bila memang City Hatchback yang digosipkan jadi pengganti Jazz sudah masuk ke Indonesia.

"Memang sudah didaftarkan, memang benar dan itu sudah bisa dilihat dari online-nya," kata Billy dalam virtual media gathering, Senin (18/1/2021).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/20/060200315/-populer-otomotif-mobil-dinas-jokowi-terabas-banjir-banyak-kendaraan-pakai

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.