Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Ban Motor Harian yang Bisa Tingkatkan Akselerasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalan di perkotaan kadang membuat motor sering dalam kondisi stop and go. Jika begini, kecepatan tidak begitu penting namun lebih dominan pada kemampuan akselerasi yang lebih cepat.

Salah satu faktor yang bisa memengaruhi akselerasi motor yaitu mengganti ban. Ban yang digunakan juga tidak sembarangan, ada jenis khusus dengan kompon berteknologi low rolling resistance.

Technical Service & Development Department Head ban FDR, Jimmy Handoyo mengatakan, ban standar sebenarnya sudah mumpuni untuk berakselerasi di kondisi kering dan basah. Namun jika ingin lebih baik lagi akselerasinya, bisa pakai compound low rolling resistance.

“Ban dengan compound low rolling resistance memiliki gaya gesek yang lebih rendah dibanding material yang biasa. Walaupun gaya geseknya lebih rendah, performanya juga tidak berbeda jauh dengan ban standar,” kata Jimmy kepada Kompas.com, Senin (21/12/2020).

Jimmy menjelaskan, untuk jarak pengereman ban low rolling resistance dengan ban biasa relatif sama. Soal cengkeraman ke aspal juga masih tetap nyaman dan aman.

“Namun jangan dibandingkan dengan compound racing untuk balap yang pastinya lebih nge-grip,” kata Jimmy.

Selain itu, ban dengan soft compound yang biasa digunakan untuk balap memang bisa dibuat low rolling resistance, tapi harganya akan mahal. Saat ini yang baru ada di pasaran Indonesia adalah low rolling resistance ban harian.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/22/120000215/pilih-ban-motor-harian-yang-bisa-tingkatkan-akselerasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke