Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagian Bumper Mobil Cenderung Lebih Kusam dibanding Bodi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring berjalannya waktu, warna yang menempel pada mobil akan kusam kalau tidak dirawat dengan baik. Selain itu, cat pada bagian eksterior tertentu di mobil bisa berbeda dengan bagian lainnya (belang).

Biasanya belang muncul karena perbedaan warna di bagian bumper dan bodi. Hal ini bisa trelihat pada mobil dengan cat putih, biasanya untuk bodi masih putih warnanya sedangkan bumper lebih kusam, seperti menguning.

Lalu mengapa warna bumper bisa lebih kusam dibanding panel bodi lainnya seiring berjalannya waktu?

Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter, Yuly Kridiawan mengatakan, kusam yang terjadi pada bumper ini sebenarnya lebih karena faktor eksternal. Karena pada dasarnya semua panel mobil jika dicat dan prosesnya benar, maka akan terlindungi.

“Bumper letaknya di depan atau di bawah, sehingga menjadi bagian yang paling sering kena langsung debu, kerikil, dan kotoran jalan, sehingga lebih sering dilap,” ucap Yuly kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Karena sering dilap, Yuly mengatakan kalau dampak dari proses pengelapan yang tidak benar akan menyebabkan baret-baret halus dan kusam. Sedangkan kalau tidak sering dibersihkan, maka akan timbul flek.

“Mengelap yang benar itu pakai microfiber, yang salah saat pakai kain yang berserat kasar dan kotor, sehingga menyebabkan baret jala-jala,” kata Yuly.

Kalau mau lebih aman, bodi disemprot dahulu dengan air sehingga partikel-partikel yang kasar turun dari bodinya. Setelah disemprot baru dilap dengan microfiber, kalau mau kering, bisa dibersihkan dahulu pakai bulu ayam baru dilap.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/14/190100215/bagian-bumper-mobil-cenderung-lebih-kusam-dibanding-bodi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke