Salin Artikel

Banyak Masyarakat Tidak Mudik, Kemenhub Tetap Siapkan Antisipasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Secara berkala Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan survei kepada masyarakat untuk mengambil langkah antisipasi terhadap kelancaran perjalanan transportasi darat.

Dalam rangka menyambut libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kemenhub mensurvei persepsi masyarakat untuk melakukan perjalanan pada periode tersebut.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, mengatakan, dari hasil survei terhadap 1.634 orang ditemukan 73 persennya memilih untuk tidak mudik atau bepergian pada akhir tahun nanti.

“73 persen yang tidak ingin melakukan perjalanan ini beralasan terkait waktu libur yang dipangkas dan juga adanya pandemi Covid-19,” ujar Budi, dalam webinar (4/12/2020).

Adapun sekitar 27 persen masyarakat sisanya, tetap ingin melakukan perjalanan. Baik itu yang ingin liburan atau pulang ke kampung halaman.

Meski begitu untuk mengantisipasi kepadatan jalan dan lonjakan penumpang, Kemenhub telah berkoordinasi dengan sejumlah operator layanan angkutan publik.

“Untuk mengantisipasi lonjakan yang cukup besar, sudah disiapkan sekitar 50.317 unit bus dan 218 kapal penyeberangan untuk yang ingin melakukan perjalanan,” ucap Budi.

Budi juga mengatakan, pihaknya telah melakukan ramp check. Baik itu di terminal maupun di dermaga untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/06/154100715/banyak-masyarakat-tidak-mudik-kemenhub-tetap-siapkan-antisipasi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.