Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Jitu Memilih Mobil Bekas yang Pas Untuk Dipinang

Layaknya semua pilihan, pasti memiliki nilai positif yang tentu saja diikuti dengan konsekuensi negatif. Perlu kesadaran akan hal itu, bukan hanya untuk antisipasi dan mereduksi efek buruk, tapi juga jauh dari kata menyesal.

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer, mencoba menjabarkan plus minus ketika membeli mobil bekas.

“Jika dibandingkan dengan mobil baru, dari segi nilai saya bilang bahwa mobil bekas pasti nilainya (harga beli) di bawah yang baru, dengan model dan tipe yang sama. Lebih dari itu, ini juga akan menguntungkan ketika mobkas yang kita beli belum berubah modelnya (facelift atau All-new), kita bisa mejeng dengan model sama (umur 2-3 tahun) dan belinya lebih murah dibanding yang beli baru,” ujar Fischer beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Soal keuntungannya, Fischer mengatakan, depresiasi mobil bekas lebih kecil dibandingkan dengan mobil baru. Bahkan untuk mobkas pada fase tertentu harganya bisa stagnan saja.

“Jadi sederhananya tidak begitu terpukul banyaknnya penurunan di harga jual kembali,” katanya.

Namun Fischer melanjutkan, bahwa membeli mobil bekas juga ada risiko. Karena bagaimanapun, jenis kendaraan ini sebelumnya sudah pernah digunakan orang lain yang karakternya berbeda-beda.

“Mobkas pasti ada risikonya, namanya juga bekas pakai orang lain. Risiko terbesarnya mobkas ada di kualitas mobi. Jadi memang harus cerdas ketika akan membelinya. Kalau kita salah pilih, mobil nantinya kebanyakan ada di bengkel dibanding dipakai,” ucap Fischer.

“Selain itu, risiko lainnya adalah kalau-kalau kendaraan tersebut ternyata hasil curian, atau tersangkut kasus pidana lainnya,” lanjut Fischer.

Jadi, selain cerdas, konsumen yang membeli mobkas perlu juga mempertimbangkan soal memilih diler atau pedagang terpercaya, tentu saja untuk meminimalisasi risiko. Meski begitu, ini jangan dijadikan alasan untuk menghindari mobkas karena membeli mobil baru juga ada plus dan minusnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/04/102200415/cara-jitu-memilih-mobil-bekas-yang-pas-untuk-dipinang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke