Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arus Balik, Dishub DKI Kawal Protokol Kesehatan di Terminal

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang pekan ini membuat jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di sejumlah terminal yang ada di Jakarta mengalami peningkatan.

Lantaran itu, guna mengantisipasi terjadinya kerumunan dan mencegah potensi paparan Covid-19, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, akan melakukan pengawalan ketat di sejumlah terminal.

"Betul, meningkat cukup signifikan, artinya saat balik nanti juga kurang lebih yang masuk ke Jakarta akan demikian, tapi waktunya mungkin lebih terpusat di Sabtu-Minggu," ujar Syafrin kepada Kompas.com, Jumat (30/10/2020).

"Kita akan siaga, di terminal-terminal AKAP juga sudah ada tim medis juga. Otomatis pengecekan terhadap penumpang yang datang juga akan dipantau baik dari suhu tubuh dan tindakan lanjut bila ditemuka adanya potensi," kata dia.

Berdasarkan data, Syafrin memaparkan jumlah penumpang AKAP di Terminal Pulogebang, Kampung Rambutan, Kalideres, dan Tanjung Priok meningkat drastis di musim libur kali ini.

Pada 25 Oktober ada 2.216 penumpang, 26 Oktober 2.148 penumpang, 27 Oktober sebanyak 3.356 penumpang, dan meningkat kurang lebih 131,93 persen pada hari berikutnya dengan total 4.119 penumpang. Bahkan pada 29 Oktober pun masih ada peningkatan sebanyak 2.134 penumpang.

"Layanan bus AKAP yang berangkat dari terminal mengalami peningkatan tertinggi dibandingkan hari-hari sebelumnya, yaitu 31 persen atau mencapai 680 bus per harinya," ujar Syafrin.

Sedangkan untuk pengguna kendaraan pribadi, menurut Syafrin, volume yang meninggalkan Jakarta mulai meningkat sebesar 34,68 persen dari hari sebelumnya dengan jumlah 188.981 kendaraan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/31/070200515/arus-balik-dishub-dki-kawal-protokol-kesehatan-di-terminal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke