Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Bus Karina Terbakar, Ini Tiga Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Peristiwa bus terbakar baru saja terjadi pada bus double decker milik PO Karina di pool Karina TB Simatupang, Sabtu (24/10/2020). Kejadian bus terbakar ini bukanlah yang pertama terjadi di Indonesia.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan mengatakan, ada tiga hal yang bisa menyebabkan bus terbakar. Seperti pembebanan arus yang salah, instalasi yang tidak sesuai dan material yang kurang baik.

“Pembebanan arus yang salah juga disebut error by design. Untuk memastikan hal ini, harus melihat wiring diagramnya, dari situ dilakukan analisa pembebanan kelistrikan,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Ahmad mengatakan, menemukan kasus error by design ini saat bus Transjakarta yang terbakar. Kemudian ada juga instalasi yang tidak sesuai standar pratice industry dan terjadi pada proses maintenance.

“Hal ini sering dipicu oleh mekanik yang tidak kompeten serta budaya kerja yang buruk, tidak memerhatikan standar teknis,” kata Ahmad.

Terakhir yaitu masalah penggunaan material yang tidak sesuai, seperti kabel, konektor, dan lainnya. Ketiga hal ini akan menimbulkan apa yang disebut dengan bad connection atau short circuit yang merupakan pemantik terjadinya api.

“Jika di situ terdapat oksigen dan benda yang mudah terbakar, maka terjadilah kebakaran. Misalnya seperti terbakarnya bus Rosalia Indah di Banyumas, dikarenakan faktor nomor dua dan tiga,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/25/164100515/kasus-bus-karina-terbakar-ini-tiga-hal-yang-bisa-jadi-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke